APLIKASI STRUCTURAL EQUATION MODELLING DALAM SEGMENTASI PELANGGAN

Lusi Zafriana

Abstract


Abstrak

Persaingan yang ketat dalam industri jasa telekomunikasi mendorong perusahaan untuk menerapkan strategi yang mampu untuk menjaga eksistensi perusahaan tersebut di dalam persaingan. Salah satu tindakan strategis yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah mengadakan suatu pendekatan yang lebih terperinci terhadap konsumen dengan mengidentifikasi profil segmen (pelanggan). Proses identifikasi profil segmen pasar dilakukan dengan berfokus kepada tingkah laku konsumen di dalam pasar.

Pemodelan SEM merupakan suatu metode statistika yang menggunakan pendekatan hipotesis testing atau dikenal dengan istilah konfirmatori. SEM akan menganalisa hubungan antara variabel pascabayar terhadap perilaku komunikasi. Dari hasil pemodelan ini, akan ditemukan nilai hubungan antara kedua variabel tersebut.

Hasil penelitioan dapat disimpulkAN bahwa variabel pascabayar sangat mempengaruhi perilaku berkomunikasi dengan nilai 0.60. Terdapat 3 jenis profil segmen dengan karakteristik perilaku segmen sebagai berikut , yaitu: Segmen 1, Menyukai media elektronik dengan informasi yang menarik perhatiannya adalah iklan, cenderung akan beralih kartu jika terdapat produk lain yang lebihmenguntungkan. Segmen 2, Sangat menyukai media cetak dengan informasi yang menarik perhatiannya adalah klan dan promosi penjualan, cenderung tidak akan beralih kartu walaupun terdapat produk lain yang menguntungkan.. Segmen 3, Menyukai media elektronik dengan informasi iklan dan promosi penjualan, tidak akan beralih kartu meskipun ada yang lebih menguntungkan (paling setia).

Kata kunci : SEM,variabel indikator, segmentasi perilaku


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.