PERENCANAAN KAPASITAS WAKTU PRODUKSI YANG OPTIMAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAPACITY REQUIREMENT PLANNING DI PT. SPI SURABAYA

Erlina Purnamawati

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan kapasitas waktu produksi yang optimal dengan menggunakan metode Capacity Requirement Planning pada PT. Steel Pipe Industry Of Indonesia. Variabel penelitrian ini adalah Schedule Of Planned Factor Order Release. Work Order Status, Routing Data, danWork Center.

Pengumpulan diperoleh dari data dukumen di PT. SPI Surabaya,  meliputi data di bagian produksi, bagian PPIC dan bagian penjualan dengan pengukuran kebutuhan kapasitas produksi. Analisis Data  dilakukan dengan perhitungan perencanaan kebutuhan kapasitas atau Capacity Requirement Planning (CRP).

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada bulan juli sampai dengan bulan juni 2008 kapasitas yang tersedia sebesar 266.872 menit per tahun, sedangkan kebutuhan aktualnya 269.681 menit per tahun, dan kapasitas mesin mempunyai kekurangan  kapasitas per tahunya yaitu sebesar 28.087 menit.

Kata kunci : Perencanaan Kebutuhan kapasitas, Capacity Requirement Planning (CRP)


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.