FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG DI SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE STRUKTURAL EQUATION MODELLING (SEM)

Endang Puji Widayati

Abstract


ABSTRAK

 

Keberhasilan sistem pemasaran minyak goreng tidak terlepas dari pengaruh perilaku konsumen. Perubahan perilaku konsumen dalam menganalisis hingga memutuskan untuk membeli minyak goreng yang ditawarkan merupakan salah satu faktor yang tidak dapat dikendalikan oleh pihak pemasar. Oleh sebab itu perlu adanya analisa terhadap perilaku konsumen oleh pihak pemasar.Dalam hal memecahkan persoalan diatas peneliti menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dimana metode tersebut cocok dengan permasalahan yang dihadapi.

Berdasarkan Hasil perhitungan pada program AMOS 4.1 didapat sejumlah nilai-nilai yang menunjukkan signifikan atau tidaknya pengaruh variabel-variabel antara satu dengan yang lainnya terhadap perilaku konsumen dan keputusan pembelian yaitu budaya  memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,139, sosial memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,268, psikologis memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,508 sedangkan perilaku konsumen memberikan kontribusi tingkat signifikansi sebesar 0,428. Dengan demikian  dari nilai Standardized Regression Weights dapat disimpUlkan bahwa semakin kecil tingkat sosial konsumen maka tingkat perilaku konsumen untuk membeli minyak goreng semakin kecil begitu juga sebaliknya, dan semakin besar psikologis konsumen maka perilaku konsumen untuk membeli minyak goreng pun juga besar.

Kata kunci : Minyak goreng, SEM, nilai Standardized Regression Weights


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.