PREDIKSI PANGSA PASAR PRODUK DETERJEN MEREK RINSO DENGAN METODE MARKOV CHAIN GUNA MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN

Mr. Rusindiyanto

Abstract


ABSTRAK

Deterjen pencuci pakaian merek Rinso merupakan salah satu deterjen pencuci pakaian dipasaran yang diproduksi oleh PT.Unilever. Permasalahan yang dihadapi adalah dengan munculnya produk baru dan adanya produk pesaing yang sudah ada membuat pangsa pasar Rinso terancam menurun, karena konsumen mudah berpindah-pindah dalam membeli deterjen pencuci pakaian. Sehingga perusahaan harus sering melakukan penelitian pasar untuk mengetahui pangsa pasar yang diperoleh serta melakukan pengukuran ekuitas merek sehingga dapat menentukan strategi pemasaran.

Tujuan penelitian ini adalah memperediksi pangsa pasar produk deterjen merek Rinso pada masa yang akan datang, mengukur nilai ekuitas merek deterjen Rinso dan menentukan strategi pemasaran yang tepat, agar produk deterjen Rinso tetap Kompetitif di pasaran.

Hasil penelitian didapat responden yang paling berminat membeli Rinso adalah responden yang berusia 31-40 tahun, yang berpenghasilan 1-1,5 juta perbulan yaitu pegawai swasta. Dari hasil penelitian pangsa pasar dengan menggunakan Rantai Markov didapatĀ  pemimpin pasar deterjen pencuci pakaian untuk masa mendatang dipegang oleh Attack, dengan menguasai 35,50% dari pangsa pasar keseluruhan, Rinso (34,82%), Surf (18,24%), So klin (6,44%) dan Daia (5%). Pada elemen ekuitas merek tingkat Top of mind Rinso berada pada posisi tertinggi yaitu 36,81%.

Kata kunci : Pangsa pasar,Rantai Markov, Ekuitas merek, Strategi pemasaran, Top of mind


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.