PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTI CRITERIA DECISION MAKING (MCDM) WITH PROMETHEE DAN GOAL PROGRAMMING DIPERUSAHAAN AZAM JAYA SIDOARJO

Mr. Sartin

Abstract


ABSTRAK

Dalam era globlalisasi, persaingan antar perusahaan tidak dapat dihindari. `Agar dapat bertahan dalam era kompetisi ini maka perusahaan berupaya dalam meningkatkan performansinya dalam rangka menghasilkan suatu output produksi yang optimal. Output yang optimal adalah output yang mampu memenuhi keinginan customer. Salah satu faktor yang mendorong kelancaran proses produksi adalah keberadaan supplier, hal ini berkaitan dengan fungsi supplier sebagai pemasok bahan baku.

Perusahaan Sandal AZAM JAYA Sidoarjo, merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam usaha pembuatan sandal dan sepatu. Masalah utama yang telah dialami perusahaan tersebut adalah keterlambatan pengiriman bahan baku yang akan digunakan dalam proses produksi sehingga mengakibatkan proses produksi menjadi terhambat. Hal tersebut terjadi dikarenakan supplier bahan baku tersebut,terkadang harus mengirimkan bahan baku ke tempat atau perusahaan yang lain terlebih dahulu.

Dengan adanya permasalahan tersebut,maka diadakan penelitian dengan menggunakan metode Multi Criteria Decision Making-PROMETHEE untuk mendapatkan urutan prioritas supplier terpilih dan menggunakan Goal Programming untuk memilih supplier yang terbaik yang paling sesuai dengan keinginan perusahaan.

Berdasarkan PROMETHEE supplier yang dipilih adalah supplier yang mempunyai nilai terbesar yang terdapat pada PT.Gracia Pasuruan yaitu 0,36363. sedangkan  pada Goal Programming supplier yang dipilih adalah supplier yang mempunyai nilai terkecil yang terdapat pada PT.Gracia Pasuruan yaitu 0.1204167E+09. Dengan adanya perbandingan kedua model tersebut,sehingga bias ditetapkan bahwa supplier yang dipilih oleh perusahaan adalah PT.Gracia Pasuruan.

Kata kunci :  Multi Criteria Decision Making, PROMETHEE, Goal Programming, Pemilihan Supplier


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.