ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORE CARD DAN SWOT

Yuliatin Ali S

Abstract


ABSTRAK


Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui  kinerja perusahaan menggunakan Balance Score Card (BSC) dan SWOT dan memberikan usulan alternatif-alternatif strategi yang dipilih perusahaan.
Metode BSC menggunakan 4  perspektif, yaitu : keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan permbelajaran dan pertumbuhan yang diintegrasikan.  Perspektif keuangan dengan tolok ukur ROE, ROI, TATO dan SG.  Perspektif pelanggan dengan tolok ukur jumlah pelanggan, jumlah komplain dan retur penjualan.  Perspektif proses bisnis dengan tolok ukur kinerja pemasok dan prosentase produk cacat.  Dan Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dengan tolok ukur Employee Turn Over dan Produktifitas. Model SWOT digunakan untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan serta sebagai dasar dalam merumuskan strategi perusahaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja perusahaan dari perspektif keuangan dan pertumbuhan dan pembelajaran sudah baik, tetapi  perspektif pelanggan dan proses internal masih belum baik karena belum  memenuhi target yang ditetapkan perusahaan.   Alternatif-alternatif Strategi yang dapat dipilih peruahaan adalah : melakukan ekspansi perusahaan, meningkatkan kualitas produk, memperbaiki kualitas rantai pasokan, meningkatkan kualitas SDM dan meningkatkan promosi perusahaan.
Kata Kunci : Kinerja, Balance Score Card dan SWOT


ABSTRACT


AFTA free trade can make the highes competiton between  the  domestic and the foreign product.  The competetion adventage can be reached by increasing perfomance   correctlt strategic company. 
The integration Balance Score Card (BSC) and SWOT model can be to increase the competetion campany. BSC model measure the performance companny by 4 perspective : financiil, customer, internal bisness process and Growth and Learning process.  SWOT model  analyze strength, weekness, opportuniy and treat.  Swot can be choiced the best alternative strategy company.
The result showed that Two perspective (Financiil and  Growth and Learning process)  have good performance, but two perspective the oothers have eneough performance.  The Company can be choiced the one from the many alternative : company expanding, increasing product quality, increasing supply chain quality, increasing Human Resources quality and increasing company promotion.
Key words : performance, BSC and SWOT

ABSTRAK

Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui  kinerja perusahaan menggunakan Balance Score Card (BSC) dan SWOT dan memberikan usulan alternatif-alternatif strategi yang dipilih perusahaan.

Metode BSC menggunakan 4  perspektif, yaitu : keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan permbelajaran dan pertumbuhan yang diintegrasikan.  Perspektif keuangan dengan tolok ukur ROE, ROI, TATO dan SG.  Perspektif pelanggan dengan tolok ukur jumlah pelanggan, jumlah komplain dan retur penjualan.  Perspektif proses bisnis dengan tolok ukur kinerja pemasok dan prosentase produk cacat.  Dan Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dengan tolok ukur Employee Turn Over dan Produktifitas. Model SWOT digunakan untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan serta sebagai dasar dalam merumuskan strategi perusahaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja perusahaan dari perspektif keuangan dan pertumbuhan dan pembelajaran sudah baik, tetapi  perspektif pelanggan dan proses internal masih belum baik karena belum  memenuhi target yang ditetapkan perusahaan.   Alternatif-alternatif Strategi yang dapat dipilih peruahaan adalah : melakukan ekspansi perusahaan, meningkatkan kualitas produk, memperbaiki kualitas rantai pasokan, meningkatkan kualitas SDM dan meningkatkan promosi perusahaan.

Kata Kunci : Kinerja, Balance Score Card dan SWOT

ABSTRACT

AFTA free trade can make the highes competiton between  the  domestic and the foreign product.  The competetion adventage can be reached by increasing perfomance   correctlt strategic company.

The integration Balance Score Card (BSC) and SWOT model can be to increase the competetion campany. BSC model measure the performance companny by 4 perspective : financiil, customer, internal bisness process and Growth and Learning process.  SWOT model  analyze strength, weekness, opportuniy and treat.  Swot can be choiced the best alternative strategy company.

The result showed that Two perspective (Financiil and  Growth and Learning process)  have good performance, but two perspective the oothers have eneough performance.  The Company can be choiced the one from the many alternative : company expanding, increasing product quality, increasing supply chain quality, increasing Human Resources quality and increasing company promotion.

Key words : performance, BSC and SWOT


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.