PENGARUH KOMPETENSI KARYAWAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS PRODUK

Alfredo Tutuhatunewa1*, Surachman2, Purn Purnomo B. Santoso3 dan Imam Santoso4

Abstract


ABSTRAK
Tantangan utama perusahaan pada kondisi perekonomian dewasa ini, adalah menciptakan efektivitas dan efisiensi di segala bidang. Perusahaan berlomba-lomba menciptakan daya saing untuk tetap mampu berkompetisi dengan perusahaan lain. Kualitas dari produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan ditentukan berdasarkan ukuran-ukuran dan karakteristik tertentu. Suatu produk dikatakan berkualitas baik apabila dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. PT. Adiprima Suraprinta adalah anak perusahaan PT Jawa Pos, yang memproduksi kertas koran dan kertas tulis cetak.
Kompetensi adalah karakteristik dasar dari seseorang yang membuat mereka mengeluarkan kinerja terbaik dalam pekerjaannya (Boulter, Dalziel dan Hill, 1996). Kompetensi ditunjukkan dalam pengetahuan, keahlian dan kemampuan (Ulrich, 1996). Penelitian ini mencoba mengkaji lebih jauh pengaruh kompetensi karyawan dan kepuasan kerja terhadap kualitas produk yang dihasilkan perusahaan.
Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini merupakan kombinasi penelitian deskriptif, dan explanatory. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampel acak sederhana (simple random sampling) untuk pengumpulan data kualitas produk, sementara untuk data kompetensi SDM, pelatihan dan pengembangan SDM serta data kepuasan kerja, diambil dari karyawan departemen produksi, departemen SDM dan departemen QC, dengan metode yang dipakai adalah convenience sampling dan purposive sampling Analisis data yang dilakukan adalah analisis faktor, korelasi dan regresi. Analisis faktor adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mencari faktor-faktor yang mampu menjelaskan hubungan atau korelasi antara berbagai indikator independen yang diobservasi.
Kata Kunci: deskriptif, explanatory, simple random sampling

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.