MINIMASI BIAYA PENDISTRIBUSIAN PUPUK DENGAN METODE TRAVELLING SALESMAN PROBLEM (TSP) STUDI KASUS PT. BUNGA TANI LAMONGAN

Ni Luh Mahariani, Rusindiyanto, & Budi Santoso

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di Distributor Bunga Tani yang berlokasi di kota Lamongan  dan penelitian dilakukan pada bulan Februari 2014. Tujuan penilitian ini adalah untuk Merencanakan distribusi produk pupuk dari Distributor Bunga Tani ke sejumlah agen untuk mencapai jarak terpendek dan menghasilkan total biaya distribusi yang minimum.
Objek penelitian adalah distribusi pupuk awal distribusi, biaya awal distribusi, data lokasi agen, data jarak tempuh dan armada yang dipakai. Variabel penelitian meliputi Variabel terikat yaitu penetuan rute terpendek guna meminimumkan biaya ditribusi. Sedangkan variabel bebasnya terdiri dari rute awal distribusi, biaya awal distribusi, data lokasi agen, data jarak tempuh dan armada yang dipakai.
Pengumpulan data diperoleh dari keterangan dan penjelasan secara langsung dengan pimpinan perusahaan, karyawan dan pihak-pihak yang terlibat langsung dengan proses pendistribusian pupuk dan dokumen perusahaan jenis produk, data permintaan,  jumlah data yang diangkut, jarak masing-masing customer. Metode pengolahan data menggunakan metode Branch And Bound dan metode Nearest Neighbour dengan   software WinQsb
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil dan pembahasan bahwa distribusi pupuk  dengan  menggunakan Metode Branch And Bound dengan total jarak yang dilalui perusahaan dapat lebih  efisiensi jarak (4,67 %).
Sedangkan  biaya transportasi yang dikeluarkan dengan metode Traveling Salesman Problem (Branch and Bound) lebih baik dari metode awal perusahaan dengan penghematan jarak sebesar 33,5 km /minggu dan  668 km /bulan dan penghematan biaya sebesar Rp. 615.395,-/bulan.
Kata Kunci    : Metode Travelling Salesman Problem(TSP), Distribusi.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.