INTEGRASI PENERAPAN KAIZEN DAN SEVEN TOOLS DI PT. GUNAWAN DIANJAYA STEEL, Tbk

Andre Arief Hendrawan, Yustina, & Pailan

Abstract


ABSTRAKI

PT. Gunawan Dianjaya Steel, Tbk adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang produsen pelat baja karbon di indonesia. Salah satu produk yang ditawarkan oleh PT. Gunawan Dianjaya Steel, Tbk adalah pelat baja karbon hot rolled. Namun dalam proses produksi masih terdapat defect diantaranya yaitu proses rolling, proses cutting, dan finishing. Tujuan dilakukannya penelitian di PT. Gunawan Dianjaya Steel, Tbk adalah Untuk menganalisis menggunakan Seven Tools serta penerapan KAIZEN dalam mengendalikan kualitas produk PT. Gunawan Dianjaya Steel, Tbk dan menekan kerusakan (Defect)
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada proses produksi selama 3 bulan dengan kecacatan pada rolling sebesar 0,23%, kecacatan pada cutting sebesar 0,82%, dan kecacatan pada finishing sebesar 0,13% dapat diketahui juga jenis cacat yang dominan yaitu pada proses cutting sebesar 76 lembar pelat baja dengan prosentase cacat sebesar 0,82%. Sehingga untuk mengurangi waste tersebut disarankan untuk mengurangi Defect atau kecacatan yang terjadi di PT. Gunawan Dianjaya Steel, Tbk perlu adanya peningkatan pengawasan terhadap pekerja maupun pemeliharaan terhadap mesin atau peralatan yang digunakan dan juga perlu melakukan pelatihan untuk mengasah kemampuan pegawai pada perusahan.

Katakunci: Defect, Kaizen, Seventools

ABSTRACT

PT. Gunawan Dianjaya Steel, Tbk is producer of carbon steel plate in Indonesia. The one of their product is steel plate hot rolled, but in production process still have defect, there are rolling process, cutting process, and finishing. The research in PT. Gunawan Dianjaya Steel, Tbk is analyzed by seven tools and kaizen application on maintain of product quality and reduce waste (defect)
Based on research result, on production process during 3 month. There is 0,23% rolling damage, 0,82% cutting damage, and 0,13% finishing damage, the most damage is in cutting process about 76 sheets of steel plate with defect percentage 0,82%. For reducing waste is recommended to reducing defect in PT. Gunawan Dianjaya Steel, Tbk needs increase supervision to employee and machine maintenance or toolskit and needs training for increase ability of employee in this company.
Key word: Defect, Seven tools, Kaizen

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.