SIMULASI OPTIMALISASI TENAGA MEKANIK DI SERVICE YAMAHA KENJERAN SURABAYA

Dedi Putra Utama, Dira Ernawati, & Endang Pudji W

Abstract


@font-face { font-family: "Times New Roman"; }@font-face { font-family: "宋体"; }@font-face { font-family: "Calibri"; }@font-face { font-family: "MS Mincho"; }p.MsoNormal { margin-bottom: 10pt; line-height: 115%; font-family: "Times New Roman"; font-size: 11pt; }p.MsoFooter { margin-bottom: 10pt; line-height: 115%; font-family: "Times New Roman"; font-size: 11pt; }span.msoIns { text-decoration: underline; color: blue; }span.msoDel { text-decoration: line-through; color: red; }div.Section0 { }

Abstrack

 

This study was done to determine the optimal number of mechanical tenagga .Yamaha Kenjeran Surabaya is one of the famous motorcycle dealer of Yamaha brand products. In Yamaha dealer Kenjeran Surabaya there are many services, motorcycle service, motorcycle purchase, and receive installment payments or installment motorcycle.

In this motor dealers are problems in terms of service. Too often a queue waiting for customers in the service so that customers feel uncomfortable when having to wait a long time due to queuing. It is, it is not effective if allowed to happen because it would lead to disappointment customers who make them move to another place of service. With the reduction of the customer, indirectly motorcycle dealers will experience a decline in profits.

With the problems it is done research the optimal amount of mechanical power with queuing models. Queuing model is a process associated with the arrival of a customer at a service facility, then wait in a line (queue). Model queue is processed with the help of ARENA Simulation Software.

The purpose of this study was to determine the optimal amount of mechanical energy that can serve customers optimally, after doing this research it can be concluded for the amount of mechanical energy that must be provided a number of 4 people mechanical, from previous totaling 3 mechanics.

Keywords: Determination of the amount of mechanical energy, Arena Simulation Software, Services

 

Abstrak

 

Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui jumlah tenagga mekanik yang optimal .Yamaha kenjeran Surabaya merupakan salah satu dealer motor ternama dari brand produk Yamaha. Didalam dealer Yamaha kenjeran Surabaya terdapat banyak sekali pelayanan, service sepeda motor, pembelian sepeda motor,dan menerima pembayaran angsuran atau cicilan sepeda motor.

Pada dealer motor ini terdapat masalah dalam hal pelayanannya. Sering sekali terjadi antrian menunggu pelanggan dalam pelayanannya sehingga pelanggan merasa kurang nyaman apabila harus menunggu lama akibat mengantri. Hal ini, sangatlah tidak efektif bila dibiarkan terus terjadi karena akan mengakibatkan kekecewaan pelanggan yang membuat mereka berpindah ke tempat service yang lain. Dengan berkurangnya pelanggan, secara tidak langsung dealer motor akan mengalami penurunan keuntungan.

Dengan adanya permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian jumlah tenaga mekanik yang optimal dengan model antrian. Model antrian adalah suatu proses yang berhubungan dengan kedatangan seorang pelanggan pada suatu fasilitas pelayanan, kemudian menunggu dalam satu baris(antrian). Model antrian ini diolah dengan bantuan ARENA Simulation Software.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan jumlah tenaga mekanik yang optimal sehingga dapat melayani customer secara optimal, setelah melakukan penelitian ini maka dapat disimpulkan untuk jumlah tenaga mekanik yang harus disediakan sejumlah 4 orang mekanik, dari sebelumnya yang berjumlah 3 orang mekanik.

 

Kata kunci : Penentuan jumlah tenaga mekanik, Arena Simulation Software, Pelayanan Jasa


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.