ANALISIS KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DENGANMETODEHAZARD AND OPERABILITY(HAZOP) DI PT. KARYA TERANG SEDATI,SIDOARJO

Muhammad Ricatsen, Erlina, & Akmal S

Abstract


ABSTRAK
PT. Karya Terang Sedati yang berlokasi di Jl. Rajawali Blok Industri Betro. Sedati Sidoarjo merupakan produk simanufakturdanbergerakdalam bidang produksi stiker. Kelangsungan proses produksinyabergantungpadakeandalankerjakaryawandan fungsi peralatan. Resiko kerusakan pada peralatanakanmengganggukelancaranpadaproduksidan tingkat safety karyawan. Dalam lingkungan industri khususnya di PT. Karya Terang Sedati masih terjadi kecelakaan kerja yang menyebabkan luka gores, dan bengkak pada bagian sikunya karena tangan yang masuk dalam mesin mixer, serta masih ada lagi beberapa kecelakaan kerja yang terjadi.
Dengan memperhatikan latar belakang di atas, disini peneliti berusaha Mengidentifikasi kecelakaan kerja dan aspek-aspek penyebabnya, untuk mengurangi tingkat kecelakaan kerja dan mengetahui level/tingkat kecelakaan di PT. Karya Terang Sedati.Dalampenelitianinimenitikberatkan di unit produksi stiker yang merupakanrawanterhadapkecelakaankerja.
Metode yang digunakan dalampenelitianinimengimplementasikanmetode HAZOP dalam menganalisis kesehatan dan keselamatan kerja. Dengan metode ini nantinya akan mengetahui level/tingkat kecelakaan di PT. Karya Terang Sedati.
HasilpencapaianImplementasiProgam K3 PT. Karya Terang Sedati(Berada pada RangeĀ  60%-84%) dengan level 3 (hati-hati)dengan ketegori warna KUNING. Dengan mesin coating, mixer, roolpres. Dan ada juga kategori kecelakaan kerja dengan warna HIJAU dengan mesin driyer, dan steam.

Kata kunci : kesehatan dan keselamatan kerja, hazards, risk assessment..

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.