PENGARUH KUALITAS PRODUK HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN BERLANGGANAN LISTRIK PINTAR (PRABAYAR) PADA PT. PLN (PERSERO) AREA SURABAYA SELATAN

Irma Ike Saputri, Ety Dwi Susanti

Abstract


Pemasaran adalah aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan agar dapat berkembang dan mendapatkan laba. PT. PLN (Persero) merupakan salah satu perusahaan yang melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas produknya yaitu dengan memunculkan produk terbaru yaitu listrik pintar (prabayar). Listrik pintar (prabayar) merupakan sistem pelayanan penjualan tenaga listrik dimana pelanggan membayar listrik sebelum menggunakan atau transaksi dengan pembayaran dimuka.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan berlangganan listrik pintar (prabayar). Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan listrik pintar (prabayar) PT. PLN (Persero) Area Surabaya Selatan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 399 pelanggan yang diambil dengan menggunakan teknik proportionate startified random sampling. Jenis data adalah data primer. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis linier berganda yaitu secara simultan dengan menggunakan uji F menunjukkan adanya pengaruh ketiga variabel kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan berlangganan, dibuktikan dengan nilai Fhitung (4,995) > Ftabel (2,65). Variabel kualitas produk secara parsial menggunakan uji t menunjukkan adanya pengaruh terhadap variabel terikat keputusan berlangganan, dibuktikan dengan nilai thitung (2,889) > ttabel (1,971). Variabel harga secara parsial menggunakan uji t menunjukkan tidak adanya pengaruh terhadap keputusan berlangganan. Dibuktikan dengan nilai thitung (0,443) < ttabel (1,971). Variabel promosi secara parsial menggunakan uji t menunjukkan adanya pengaruh terhadap keputusan berlangganan, dibuktikan dengan nilai thitung (2,061) > ttabel (1,971). Variabel bebas yang memberikan pengaruh terbesar terhadap keputusan berlangganan adalah kualitas produk.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Keputusan Berlangganan

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur