STRATEGI BISNIS USAHA KECIL MENENGAH PADA PABRIK TAHU MEGA JAYA DI DOMAS MENGANTI GRESIK

Lutfi Adi AN, Susi Hariyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuanĀ  untuk mengetahui dan menganalisis strategi bisnis yang dilakukan oleh UD. Mega Jaya Domas Menganti Gresik dengan menggunakan metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) guna memaksimalkan kekuatan untuk merebut peluang yang ada dan meminimalisir kelemahan dan mencari jalan keluar dari setiap ancaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data indepth interview, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dimana sampel yang diambil adalah pemilik, pegawai, dan konsumen tetap. Berdasarkan hasil analisis menggunakan teknik analisis SWOT, pada tabel IFAS menunjukkan faktor kekuatan yang dimiliki oleh adalah sistem keuangan sudah tertata rapi, memiliki kualitas produk yang baik, terkenal di semua kalangan, memiliki pelayanan yang baik. Sedangkan faktor kelemahannya adalah teknologi masih tradisional, produk tidak tahan lama, area produksi kurang luas, kurang memperhatikan promosi, sdm karyawan melemah. Pada tabel EFAS menunjukkan peluang yang dimiliki oleh adalah lokasi yang strategis, pertumbuhan penduduk masyarakat, hubungan dengan supplier terjaga dengan baik, ketersediaan tenaga kerja. Sedangkan ancaman yang dimiliki adalah bahan baku tidak yang tidak stabil, munculnya pengusaha tahu dengan fasilitas dan harga yang memadai, perubahan selera konsumen, limbah pabrik tahu, banyaknya bahan makanan subtitusi, situasi perekonomian negara yang memburuk.

Kata Kunci : Strategi Bisnis, Analisis SWOT


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur