PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN FAKTOR EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL THE SUN SIDOARJO

Catur Istiqo Mahfudin, Eddy Poernomo

Abstract


Setiap perusahaan mengharapkan memiliki pelanggan yang loyal untuk menghasilkan kepuasan pelanggan perusahaan, perlu melakukan berbagai upaya misalnya memberikan kualitaspelayanan,harga,dan faktor emosional yang baik guna meningkatkan  kepuasan pelanggan. Berkaitan hal tersebut penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan,harga,dan faktor emosional secara simultan terhadap kepuasan pelanggan dan mengetahui, menganalisis pengaruh pengaruh kualitas pelayanan,harga,dan faktor emosional terhadap kepuasan pelanggan Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan berusia antara tujuh belas sampai lima puluh tahun yang sedang menginap dan pernah menginapdi Hotel The Sun Sidoarjo dengan melakukan penyebaran kuesioner. Sampel diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, dan teknik analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda. Dilihat dari hasil persamaan regresi dari model persamaan variabel Kualitas Pelayanan,Harga, dan Faktor Emosional terhadap Kepuasan Pelanggan, menunjukkan nilai koefisien regresi positif, hal tersebut menunjukkan adanya arah positif atau hubungan searah dari kepuasan pelanggan dan hambatan berpindah. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap Kepuasan pelanggan, berarti bahwa semakin tinggi Kualitas Pelayanan maka akan semakin kuat Kepuasan pelanggan. Ketika pelanggan Hotel The Sun Sidoarjo merasakan banyak mendapatkan kualitas pelayanan maka kemungkinan pelanggan akan memiliki kepuasan yang tinggi Dengan mempertimbangkan diantara kualitas pelayanan,harga,dan faktor emosional yang lebih berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan adalah kualitas pelayanan. Dengan ini perusahaan bisa memfokuskan upaya-upaya yang mewujudkan kondisi yang memungkinkan dalam meningkatkan kualitas pelayanan

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Faktor Emosional, dan Kepuasan Pelanggan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur