CITRA MEREK (BRAND IMAGE) BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI SEPATU CONVERSE

Leonardo Sigit Pranata, Budi Prabowo

Abstract


Persaingan bisnis di era globalisasi saat ini sangatlah ketat, terutama padaperusahaan sejenis. Industri yang berkembang saat ini adalah sepatu sneakers.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek(brand image) yang terdiri dari kekuatan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek,dan keunikan asosiasi merek terhadap keputusan konsumen membeli sepatuConverse.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa administrasibisnis FISIP UPN “Veteran” Jawa Timur sebagai pembeli dan pengguna sepatuConverse. Sampel pada penelitian ini sebanyak 81 responden. Teknik penarikansampel menggunakan teknik Stratifikasi Proportionate Random Sampling. Metodeanalisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, yaitu uji validitas dan ujireliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi,uji F dan uji t.Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwasecara simultan variabel bebas yang diteliti memiliki pengaruh yang signifikanterhadap variabel keputusan pembelian. Secara parsial menunjukkan variabelkeunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek dan keunikan asosiasi merekmemiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.Variabel kekuatan asosiasi merek memiliki pengaruh paling signifikan terhadapkeputusan pembelian, sedangkan variabel keunikan asosiasi merek yang paling kecilberpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

References


Abdullah, Thamrin&Tantri, Francis. 2012. Manajemen Pemasaran. Depok : PT. Raja Grafindo Persada.

Alma, Buchari. 2012. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Assauri, Sofyan. 2011. Strategic Management, Sustaniable Competitive Advantages. Jakarta : Lembaga Managemen Fakultas Ekonomi Univertsitas Indonesia.

Bungin, Burhan. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rajawali Pers.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi 7. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

J.Paul, Peter&Olson, Jerry. 2010. Consumer Behavior And Marketing Strategy, Edisi 9. NewYork USA : Mc. Graw Hill.

Kotler, Philip&Armstrong Gary. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip&Armstrong Gary. 2014. Principle Of Marketing, Edisi 15. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip&Keller, Kevin Lane. 2013. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip&Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management, Edisi 15. New Jersey: Pearson Education,Inc.

Le, A. N. H., Do, B. R., Azizah, N., Dang, R. H. P., & Cheng, J. M. S. (2018). Forces affecting perception of product comments on social‐WOM: An interactive, relational communication perspective. Journal of Consumer Behaviour, 17(4), 393-406.

Newman, W.Lawrence 2013. Metodologi Penelitian Sosial : Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif, Edisi 7. Penerjemah : Edina T. Sofia. Jakarta : PT.Indeks.

Oentoro, Deliyanti. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Laksbang Pressindo.

Sangadji, E.M&Sopiyah. 2013. Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Setiadi, J.Nugroho, 2011. Perilaku Konsumen, Edisi Revisi. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Shinta, Agustina, Ir. MP. 2011 Manajemen Pemasaran. Malang : Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Stanton, William J. 2010. Prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.

Suryani, Tatik. 2012. Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Alfian B, 2012. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova Pada PT. Hadji Kalla Cabang Polman”. Makassar : Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin.

Abdul Samad & Imam Wibowo. 2016. “Pengaruh Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Specs di Kota Bekasi”. Jakarta : Skripsi Universitas Krisnadwipayani. Jurnal ISSN No. 2338-4794.

Siti Nurhayati. 2017. “Pengaruh Citra Merek, Harga, & Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Yogyakarta”.Yogyakarta : Skripsi Akademi Manajemen Administrasi YPK. Jurnal ISSN No. 2252-5483.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur