FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PSIKOLOGIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RUMAH MAKAN SATE TEPI SAWAH (Jalan Petiken Driyorejo Gresik)

Eva Meilinda, Ety Dwi Susanti

Abstract


Faktor - faktor psikologis dipengaruhi oleh empat faktor yaitu : motivasi, persepsi, proses belajar, kepercayaan dan sikap. Perilaku konsumen merupakan proses yang terlibat ketikan individu atau kelompok memilih, membeli produk untuk kebutuhan konsumen. Sate Tepi Sawah merupakan rumah makan yang memiliki ciri khas produk makanan yang bermacam-macam dan pemandangan sawah.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor - faktor psikologis apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian pada Rumah Makan Sate Tepi Sawah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan informan 13 (tiga belas) orang, pemilik rumah makan, karyawan 2 (dua) orang, dan konsumen 10 (sepuluh) orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis menggunakan versi Miles dan Huberman. Teknik keabsahan data yang digunakan peneliti adalah teknik trianggulasi.

Hasil yang diperoleh dari faktor-faktor psikologis yaitu: motivasi konsumen karena adanya rasa ketertarikan dan keingintahuan, persepsi konsumen dari pemilihan produk makanan dan perolehan informasi yang membuat konsumen ingin datang, proses belajar konsumen terhadap produk yang sedang dinikmati saat ini, dan konsumen dapat menilai rasa dari produk makanan yang dibeli, kepercayaan dan sikap mengatakan bahwa konsumen akan melakukan pembelian ulang dan merasa puas. Hasil dari perilaku konsumen dapat mengembangkan sate tepi sawah. Hasil keputusan pembelian karena mengenali kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi atas informasi yang didapat, konsumen memutuskan pembelian, perilaku sesudah pembelian.

 

Kata Kunci : Faktor - Faktor Psikologis, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian dan Rumah Makan Sate Tepi Sawah


References


Ali, Hasan . 2013. Marketing dan Kasus - Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Amstrong, Philip Kotler, dan Gary. 2012. Prinsip - Prinsip Pemasaran. Jakarta. Erlangga.

Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Edisi pertama. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip - Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta:Erlangga

----------.dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta:Erlangga.

Moleong J. Leaxy, 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, Rosda Karya, Bandung.

Le, A. N. H., Do, B. R., Azizah, N., Dang, R. H. P., & Cheng, J. M. S. (2018). Forces affecting perception of product comments on social‐WOM: An interactive, relational communication perspective. Journal of Consumer Behaviour, 17(4), 393-406.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Setiadi, Nugroho. 2013. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi – Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana.

Setianingrum. Ari. Udayana, Jusuf, Efendi. 2015. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Sumarwan. Ujang. 2015. Perilaku konsumen: teori dan penerapannya dalam pemasaran. Ghalia Indonesia. Bogor.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung. Penerbit Alfabeta.

----------. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Edisi ke 18. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Hartono, Budi. Ningsih, Umi Wisapati dan Septiartini, Nila Fithria. (2011). Perilaku Konsumen Dalam Membeli Bakso Di Malang. (http://journal.ugm.ac.id)

Rachmawati, Erny. (2016). Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Bakso Di Purwokerto (Studi Analisis Deskriptif Kualitatif Pada Bakso Di Purwokerto). (http://media.neliti.com)

Wahyuni, Dedi. (2014). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Memilih Sepeda Motor Harley Davidson (Studi Analisis Uji Rata – Rata dan Distribusi Frekwensi pada Konsumen Dalam Memilih Motor Harley Davidson). (http://jurnal.stimsukmamedan.ac.id)


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur