STRATEGI BISNIS PADA MINYAK GORENG “RISE STARS” MALANG

Nora Oktafia, Eddy Poernomo

Abstract


Minyak goreng “Rise Stars” merupakan minyak  goreng kemasan yang diproduksi oleh CV. Ucla Lestari Unggul.  perusahaan ini berlokasi  di di Perum Bumi Banjararum Asri A/25 Singosari.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis strategi bisnis yang dapat digunakan oleh minyak goreng”Rise Stars” dalam mengatasi kelemahan dan ancaman yang dimiliki dengan mengandalkan kekuatan dan peluang yang ada.

Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan alat analisis SWOT table IFAS, dan EFAS. Hasil analisis minyak goring “Rise Stars” berada di kuadran 1 (satu) yaitu dimana situasi ini sangat menguntungkan. Minyak goreng “Rise Stars” memiliki peluang dan kekuatan, untuk dapat menjalankan bisnisnya. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy).Strategi yang dapat diterapkan adalah mempertahankan harga produk yang dijual tetap dapat bersaing, mempertahankan kerja sama dengan para supplier dan mengutamakan bahan baku yang diperoleh dari supplier adalah bahan baku yang berkualitas baik dan berharga murah, memberikan pelayanan yang berkualitas kepada konsumen untuk meningkatkan penjualan meningkatkan kegiatan promosi yang  semakin luas agar merk produk dapat lebih dikenal konsumen.

 

Kata kunci : faktor kelemahan.kekuatan, ancaman , peluang dan strategi bisnis


References


Achmad Sanusi,2015. Manajemen Strategi, Bandung : CV Pustaka Setia

Azizah, N. 2019. The Reinforcement of Certainty Perception on Social Media Advertisement: Dual-Process Theory Perspective. TIJAB (The International Journal of Applied Business), 2(1), 50-57.

Buchari Alma, 2010. Kewirausahaan untuk mahasiswa dan umum, Bandung : Alfabeta

Freddy Rangkuti, 2015.Teknik Membedah Analisis SWOT, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Fred R. David 2010. Manajemen Strategis Konsep Edisi Sepuluh , Jakarta :Salemba empat

Georgorius, 2010.Dasar-Dasar Manajemen Penjualan Buku dua Edisi Pertama, Jakarta : Salemba Empat

Hamzah Muhamad Ali, 2011. Analisis Startegi Pemasaran Minyak Kelapa Sawit (CrudePalm Oil) Program Studi Agribisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh Jakarta

Ismail Solichin, 2012. Manajemen Strategik, Jakarta : Erlangga

Kasmir,2011. Analisis Laporan Keuangam, Jakarta :Raja Grafindo Pustaka

Kotler,Philip, dan Keller, 2007. Manajemen Pemasaran,Jilid 1 Edisi kedua belas, Jakarta : PT Indeks

Moleong, 2011.Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi , Bandung :PT Remaja Roksa Karya

Pardede, Pearce dan Robinson , 2011. Strategi Bisnis, Bandung :Rekayasa Sains

Porter dalam Rangkuti, 2008.Strategi Fungsional, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono, 2014.Metode Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta

Sutarno, 2012.Serba – Serbi Manajemen Bisnis Cetakan Pertama, Yogyakarta : Graha Ilmu

Stephen Lewi, 2015 Strategi Pemasaran Pada PT Lombok Gandaria Cabang Surabaya. Program manajemen Bisnis Universitas Kristen Petra

Thamrin Abdulloh dan Francise Tantri,2012Manajemen Pemasaran, Depok :PT Raja Grafindo Persada

Umar 2009. Dasar –Dasar Manajemen Sumber Daya Manusia Buku Dua edisi Pertama, Jakarta : Salemba Empat


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur