VARIABEL-VARIABEL YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PADA KEDAI TUA BARU SURABAYA (Studi Kasus Pada Pelanggan Kedai Tua Baru Surabaya)

Helmi Rosli, Susi Hariyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui pengaruh dari variabel eksterior, General Interior, Store Layout, dan Display yang merupakan bagian dari “Store Atmosphere” terhadap keputusan membeli pada Kedai Tua Baru Surabaya.

Teknik penarikan sampel Purposive Sampling dengan sampel yang tidak diketahui sebesar 100 responden yang merupakan konsumen Kedai Tua Baru.Metode analisa yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif melalui uji simultan (uji f) dan uji (t) uji parsial

Dari Hasil Pengujian yang dilakukan, uji regresi simultan (uji f) menunjukkan bahwa variabel bebas (eksterior, General Interior, Store Layout, dan Display) yang diteliti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (keputusan membeli) pada Kedai Tua Baru Surabaya. Sedangkan uji regresi parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel eksterior(X1)memiliki sedikit pengaruh terhadap keputusan membeli, kemudian variabel General Interior (X2) dan variabel Store Layout (X3) memiliki pengaruh yang hampir sama terhadap keputusan membeli dengan berada pada urutan ke tiga dan ke dua , sedangkan variabel Display menjadi variabel dengan pengaruh yang terbesar terhadap keputusan membeli. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa semua variabel bebas (eksterior, General Interior, Store Layout, dan Display) memiliki pengaruh terhadap variabel terikat (keputusan membeli) pada Kedai Tua Baru Surabaya.

Kata Kunci : Store Atmosphere, Eksterior, General Interior, Store Layout, Display


References


Alma Buchari. 2012 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Bandung : Alfabeta.

Assauri Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan Strategi .Edisi ke 11.Jakarta : PT Raja Grafindo

Assauri Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran.Jakarta : PT Raja Grafindo

Berman, Revans. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Edisike 11.Bandung : Alfabeta.

Foster Bob. 2008. Manajemen Ritel.Bandung : Alfabeta.

Gilbert. 2008. Manajemen Ritel. Bandung : Alfabeta.

Kriswibowo, A., Nawangsari, ER. 2018. Analisis Kepuasan Masyarakat : riset pada pengguna layanan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Banyumas: Sasanti Institute

Silalahi Ulber. 2012. Metode Peneltian Sosial. Cetakan Ke 3.Bandung : PT. Refika Aditama.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi ke 13. Bandung : Alfabeta.

Sumyoto Danang. 2015. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta : CAPS (Centre for Academic Publishing Service).

Sunyoto Danang. 2013. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Jogja : PT.Buku Seru.

Utami Crhistina Whidya. 2008.Manajemen Ritel. Edisi ke 1 Malang :Bayumedia Publishing.

Utami Crhistina Whidya. 2014.Manajemen Ritel. Edisi ke 3 Malang : Bayumedia Publishing


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur