UALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PENGARUHNYATERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KLINIK PERAWATAN WAJAH DE LOVELY DI SURABAYA

Siti Zahrowati, Suparwati Suparwati

Abstract


Klinik perawatan wajah adalah salah satu usaha bisnis yang bergerak pada penjualan jasa dan produk. Dimana pelayanan dan harga merupakan inti pokok penjualan klinik perawatan wajah yang diberikan kepada pelanggan. Menerapkan pelayanan yang baik dan efisiensi serta memberikan harga yang terjangkau adalah salah satu kegiatan klinik perawatan wajah agar dapat meningkatkan volume penjualan jasa yang telah ditetapkan klinik perawatan wajah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan, harga dan pengaruhnya terhadap kepuasan pelangan Klinik Perawatan Wajah De Lovely Surabaya.

Metode penelitian ini adalah kuantitatif yang dilakukan di Klinik Perawatan Wajah De Lovely Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Klinik Perawatan Wajah De Lovely Surabaya. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 orang. Jenis data yang digunakan yaitu data primer. Teknik analisis yang digunakan adalah uknown population. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan membagikan kuisioner pada pelanggan Klinik Perawatan Wajah De Lovely Surabaya dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan (X1) dan Harga (X2), terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) di Klinik Perawatan Wajah De Lovely Surabaya.

Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan variabel Kualitas Pelayanan (X1) dan Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) pada Klinik Perawatan Wajah De Lovely Surabaya. Dan secara parsial Variabel Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) pada Klinik Perawatan Wajah De Lovely Surabaya.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan (X1), Harga (X2), dan Kepuasan Pelanggan (Y)


References


Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurul, A., Imam, S., & Andriani, K. 2017. The development perceived of product comments trust-ability on social media: a social information processing (SIP) theory approach (survey on Facebook community of Taiwanese students colleges). Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 62(2).

Buchari, Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BukuSeru.

Ghazali, Imam. 2007. Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Ghazali, Imam. 2012. Analisis Miltivariate dengan SPSS. Semarang: BP UNDIP.

Juwandi, Hendy Irawan. 2004. Kepuasan Pelayanan Jasa. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane 2008, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi12, PT. Indeks.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kriswibowo, A., Nawangsari, ER. 2018. Analisis kepuasan masyarakat : riset pada pengguna layanan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Banyumas: Sasanti Institute

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Nasution, M. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pasolong, Harbani. 2011. Teori Administrasi Publik.Bandung: ALFABETA.

Ratih Hurriyati. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Sinambela. 2010. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sinambela. 2011. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Subagyo, Joko. 2011. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Sunarto. 2006. Pengantar Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Ust. Press.

Swasta Dharmesta dan Irawan. 2005. Asas – Asas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi ke 2. Yogyakarta: Andi Publiser.

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.

Tjiptono, Fandy. 2012. Service Manajemen Mewujudkan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Andi Publiser.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Jakarta: Andi Publiser.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur