KREATIVITAS DAN MOTIVASI BERPENGARUH TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Kelompok PKK Desa Socah)

Naura Nazifa Taya Sumara, Sonja Andarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh kreativitas terhadap minat berwirausaha pada kelompok PKK Desa Socah; (2) pengaruh motivasi terhadap minat berwirausaha pada kelompok PKK Desa Socah; (3) pengaruh kreativitas dan motivasi bersama-sama terhadap minat berwirausaha pada kelompok PKK Desa Socah.

Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. maka sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua anggota kelompok PKK Desa Socah yang berjumlah 60 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresilinie berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara individiul serta mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara bersama-sama.

Berdasarkan hasil penelitian ini secara simultan diperoleh  hasil Fhitung > Ftabel sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kreativitas (X1), motivasi (X2) berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha (Y) pada anggota kelompok PKK Desa Socah. Hasil dari uji parsial untuk variabel kreativitas terhadap minat berwirausaha didapat  t hitung < t tabel maka H0 diterima dan H1 ditolak, hal ini berarti kreativitas (X1)  mempunyai pengaruh tidak signfikan secara parsial terhadap minat berwirausaha (Y). Sedangkan dari hasil uji parsial untuk variable motivasi terhadap minat berwirausaha diperoleh t hitung > t tabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima hal ini berarti motivasi (X2) mempunyai pengaruh signifikan secara parsial terhadap minat berwirausaha (Y).

Kata Kunci :Kreativitas, Motivasi, Minat Berwirausaha


References


Basrowi. 2014. Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta.Ghalia Indonesia.

Machyudin,Dhidiek. 2014. Kewirausahaan. Jogjakarta. Andi.

Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia.

Slamet,Frenky. 2016. Dasar-Dasar Kewirausahaan. Jakarta. Indeks.

Robert,Hisrich. 2014. Kewirausahaan. Jakarta. Salemba Empat.

J Kao. 2014. Enterpreneurship. Jakarta. Pustaka Binaman Pressindo.

Saiman,Leonardus. 2014. Kewirausahaan. Jakarta. Salemba Empat.

Suryana. 2013. Kewirausahaan. Jakarta. Selemba Empat.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.

Schuler. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Erlangga.

Tarllah,Tjuju. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung. Alfabeta.

Wulandari. 2013. Kewirausahaan. Bandung. Alfabeta.

Agus dan Haedar. dkk. 2018. Determination of Enterpreneurship Motivation for Students at Education Intitution and Education personel in indonesia. Journal of Enterpreneurship Education. ISSN 1528-2651.

Falih dan David. dkk. 2014. Bussines Students Interest in Enterpreneurship and Sosial Enterpreneurship at a Historically Black Institution. Journal of Enterpreneurship. ISSN 2333-6374.

Puji,Winarsih.2014. Minat Berwirausaha Ditinjau dari Motivasi dan Sikap Kewirausahaan pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi. Jurnal publikasi.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur