PENGARUH PEMBERIAN TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI 4 KENDARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sertifikasi guru dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru pada sekolah SMK Negeri 4 Kendari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dikategorikan sebagai penelitian survey, dimana instrument penelitian ini berupa kuesioner. Objek penelitian ini adalah guru yang sudah sertifikasi di sekolah SMK Negeri 4 Kendari dengan sampel berjumlah 30 guru yang sekaligus responden dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) sertifikasi guru dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru; (2) sertifikasi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru; (3) motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru.
Kata Kunci: Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja, Kinerja Guru.
References
Algifari. 2000. Analisis Regresi Teori Kasus Dan Solusi. Yogyakarta. BPFEUGM.
Arikunto. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Baswori. 2009. Manajemen Penelitian Sosial. CV. Bandung. Mandar Maju.
HM. Sonny Sumarsono 2004. Metode riset sumber daya manusia. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Kuncoro,M. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta. Erlangga.
Riduwan. 2005. Skala Pengukuran Variable-Variabel Penelitian. Bandung. Alfabeta
Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variable-Variabel Penelitian. Bandung. Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian kuantitatif. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono .2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung. Alfabeta.
Surya Dharma, 2008. Strategi Pembelajaran Dan Pemilihannya, Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK Departemen Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Guru dan Dosen No.14/2005 Pasal 10 dan Peraturan Pemerintah No.19/2005 Pasal 28
Referensi Jurnal :
Ashley Keshwar Seebaluck& Trisha Devi Seegum, 2013. Motivation Among Public Primary School Teachers in Mauritius. International Journal of Educational Management, Vol. 27 No. 4, 2013, 446-464. DOI: 10.1108/0951354131136359.
Dewi Khoirum Nisak, Isharijadi dan Juli Murwani, 2017. Pengaruh Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Kariawan Pada PT PLN. Forum Ilmiah Pendidkan Akuntansi.Vol.5 No.1 Oktober 2017, 633-645.
Fatiah Kharisma Melati, 2013. Pengaruh Sertifikasi Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMAN 5 Surakarta. Jupe UNS, Vol. 2, No. 1, Hal 71-82.
Hesti Eko Poerwaningrum & Frans Sudirjo, 2016. Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja. Jurnal Ilmiah Untag Semarang. Vol. 5 No. 1, 2016, 1-14.
Hesti Murwati, 2013. Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Tehadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Di SMK Negri Se-Surakarta. Jurnal Pedidikan Bisnis Dan Ekonomi (BISE), Vol. 1 No. 1 Tahun 2013, 12-21.
Ibrahim Duyar & Nancy Ras& Carolyn L. Pearson, 2015. Analysis of Teachers’ Task and Extra-Role Performance Under Different Autonomy Regimes. International Journal of Productivity and Performance Management, Vol. 64 No. 4, 2015, 499-522. DOI: 10.1108/IJPPM-06-2013-01031741-0401.
Johnmarshall Reeve Sung Hyeon Cheon, 2014. An Intervention-Based Program of Research on Teachers’ Motivating Styles. Motivational Interventions, Vol 18, 293-339. ISSN: 0749-7423/doi: 10.1108/S0749-742320140000018008.
Kriswibowo, A., Harsanto, B. T., & Kurniasih, D, 2017, Upaya Meningkatkan Kinerja Pegawai Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Banyumas. Jurnal
Dinamika Governance, 7(2)Magda Nutsa Kobakhidze, 2015. Teacher Certification Examinations in Georgia: Outcomes and Policy Implications. Vol 19, 25-51. ISSN: 1479-3679/doi: 10.1108/S1479-3679(2013)0000019007.
Nhundu, T. J. 1999. Assessing Teacher Performance: A Comparison of Self and Supervisor Ratings on Leniency, Halo and Restriction of Range Errors. Zimbabwe Journal of Education Research, XXVI, (I), 35-52.
Paul W. Richardnson & Helen M.G. Watt, 2015. Current and Future Directions in Teacher Motivation Research. Vol 16B, 139-173. ISSN: 0749-7423/doi: 10.1108/S0749-7423(2010)000016B008.
Risma Istriani Dan Sukanti, 2012. Pengaruh Sertifikasi Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Santoso Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. X, No. 1, 2012, 98-113.
Rosna Awang Hashim, Rajaletchumi Thaliah & Amrita Kaur, (2016). A Cultur Insight into The Development of Teacher Autonomy Support Scale: A Self-Determination Theory Perspective. Journal for Multicultural Education. 1-26. DOI: 10.1108/JME-09-2016-0050.
Scott W. Lester & Dale J Dwyer, 2012. Motivations and Benefits for Attaining HR 605. DOI: 10.1108/13620431211283760.
Tae-Hee Choi, 2017. Teacher Change from A Short-Term Certification Programme and Its Comparison with That of A Comparable Long-Term Programme Case From South Korea And The USA. International Journal of Comperative Education and Development, Vol. 19 No. 4, 2017, 207-218. DOI: 10.1108/IJCED-06-2017-00092396-7404.
Triman & Suprayitno, 2013. Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru Dengan Supervisi Akademik Dan Internal Locus of Control Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, Vol. 13 No 1, April 2013, 40-48.
Referensi Skripsi Dan Tesis :
Dwi Puspita Sari, 2011. Pengaruh Disiplin Dan Pengawasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Karyadeka Alam Lestari Semarang. Skripsi, 1-132.
Eri agustin, 2015. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Dabin IV Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Skripsi, 1-92.
Erni Sulastri, 2011. Pengaruh Sertifikasi Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMA Negeri 1 Juwana Kabupaten Pati. Skripsi, 1-154.
Hasnariah Hasbiah, 2016. Pengaruh Tunjangan Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Dalam Perspektif Islam Melalui Motivasi Kerja Studi Pada Pondok Pesantren Dikota Makassar. Skripsi, 1- 122.
Irpan Lesmana, 2015. Pengaruh Tunjangan Terhadap Kinerja Guru Yang Sudah Tersertifikasi Dan Kinerja Guru Yang Belum Terserttifikas Pada SMP NEGERI 1 WAWATOBI. Skripsi.
Miftahul Jannah, 2017. Sertifikasi Guru Sebagai Alat Pemmerintah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Se-Kecematan Tiroang Kabupaten Pinrang. Skripsi, 1-114.
Natalia Nurhastuti, 2011. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Karasteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi, 1-142.
Nur Baeti, 2015. Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Kabupaten Sleman. Skripsi, 1-326.
Lia Risna Amalia, 2009. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Pln (Persero). Skripsi, 1-99.
Yulistiana Arismunandar, 2016.Pengaruh Sertifikasi, Iklim Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SD Negeri Lampung Selatan.Tesis, 1-159
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.