PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT BANK NEGARA INDONESIA(PERSERO) TBK KANTOR CABANG UTAMA SIDOARJO

Vieno Dio Larenza, Lia Nirawati

Abstract


Kinerja karyawan yang baik dapat ditingkatkan apabila perusahaan dengan kepuasan kerja dan motivasi kerja yang di alami oleh tiap karyawan. Kepuasan kerja yang diberikan dan tingkat motivasi yang dikendalikan mampu membuat karyawan melakukan pekerjaan dengan lebih baik serta membuat mereka meningkatkan intensitas kerja yang dimiliki karyawan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan.

Penelitian ini ditujukkan untuk menguji pengaruh kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan baik secara simultan maupun parsial pada PT Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Utama Sidoarjo. Data dianalisis dengan menggunakan Metode Kuantitatif dengan jumlah sampel 50 responden.yang menggunakan lima rumus yaitu Analisa Regresi Berganda, Analisa Korelasi, Uji T-test, Uji F serta Uji Koefisien Determinasi (R2).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh Kepuasan kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan sebesar 50,6% sedangkan 49,4% dipengaruhi variabel lain. Secara simultan dan parsial menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan.

Kata Kunci : Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan


References


Dessler, Gark, 2003 Manajemen Personalia (Terjemahan Moh. Masud). Jakarta ,Erlangga Hasibuan,Malayu.2012. Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta:PTBumiAksara.

Hasibuan,Malayu.2014.Manajemen Sumber Daya Manusia (edisi Revisi). Jakarta : PT Bumi AksaraRobbin, Stephen ,P Judge , Thimoty,A Prilaku Organisasi Edisi 12 JakartaSalemba 4

Kriswibowo, A., Harsanto, B. T., & Kurniasih, D, 2017, Upaya Meningkatkan Kinerja Pegawai Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Banyumas. Jurnal Dinamika Governance, 7(2)

Robbin, Stephen ,P Prinsip-Prinsip Prilaku Organisasi , 2006 Edisi Ke Lima,Jakarta Erlangga Fred r. david 2005 Manajemen Strategi Edidsi 10 Jakarta Salemba 4

Hany, T. Handoko 2005 Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Yogyakarta BPFE Fillipo, Edwin B 2000 Manajemen Personalia (Terjemahan Moh Masud) Edisi ke IV Jakarta Erlangga. Manulang Dra, “Pengantar Ekonomi Perusahaan “ penerbit Ghalia Medan,Jakarta, Yogyakarta , Tahun 2000

Martoyo, Susilo 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Yogyakarta BPFF

Donely, Ivan Cevhic, Gibson 2000 (Organisasi Prilaku struktur, proses) jilid 2

Jakarta PT. Bina Rupa Aksara Alex Nitisoemito. Drs “Manajmen Personalia Ghalia, Indonesia, UGM, Yogyakarta, th 1996

Simamora, 2004 Sumber Daya Manusia

Soeprihanto, John. 2001. Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan dan Pengembangan Karyawan, Yogyakarta : BPFE UGM

Bernardin, H. John & Joyce, E. A Russel, (1993). Human Resource management :an experiential approachs. Singapore : MC. Graw Hill Internasional

Sugiyono (2005). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, (2004), Statistik Non-parametrik untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung

Sugiyono.2013. metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta

Wibowo.2014.Manejemen Kinerja Edisi Keempat.Jakarta: Rajawali Pers


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur