STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA LAWU ADVENTURE DI SIDOARJO

Qonita Aflia Fitriani, Susi Hariyawati

Abstract


Penelitian ini berdasarkan pada berkembangnya usaha bisnis di bidang outbond yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Peneliti menggunakan provider Lawu Adventure sebagai obyek penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan provider Lawu Adventure di Jl. Ki suryo Jati Selatan No. 27, Kedungturi Taman,  Sidoarjo untuk meningkatkan pendapatan, dan bertujuan untuk memberikan masukan dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan strategi pemasaran yang digunakan oleh provider Lawu Adventure.

Metode penelitan yang digunakan adalah deskriptif yang merupakan bagian dari analisis kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam kepada pemilik, karyawan, dan konsumen yang menggunakan jasa outbond pada provider Lawu Adventure dan participant observation. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dengan menggunakan strategi pemasaran berdasarkan 4P yaitu product, price, promotion, place sebagai bahan dasar pertanyaan untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa provider Lawu Adventure berada pada posisi kuadran I yang memiliki kekuatan internal sebesar 2,06, kelemahan 1,5, peluang 2,02, dan memiliki ancaman sebesar 0,99, hal tersebut merupakan situasi yang menguntungkan. Provider tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy).

Kata Kunci: Lawu Adventure, Analisis SWOT, Strategi Pemasaran.


References


Aan Komariah dan Djam’an Satori. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsini. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Azizah, N. (2019). The Reinforcement of Certainty Perception on Social Media Advertisement: Dual-Process Theory Perspective. TIJAB (The International Journal of Applied Business), 2(1), 50-57.

Bogdan dan Taylor. 2012. Prosedut Penelitian. Dalam Moleong, Pendekatan Kualitatif. (him 4). Jakarta:Rineka Cipta.

Burhan, Bungin. 2009. Analisis Penelitian Data Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo

E. Kieso, Donald, Jerry J, Weygandt and Teery D. Warfield, 2011. Intermediate Accounting, Edisi 12 by: Erlangga.

Jasfar, farida. 2012. 9 Kunci Keberhasilan Bisnis Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia. Jilid I dan 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lovelock, C, dan John Wirtz, 2011. Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa:Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.

Manap, H. Abdul. 2016, Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Moleong, L, J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Moleong, Lexy J, 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Radiosunu, 2001, Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Analisis. Yogyakarta: BPFE.

Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kaus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.Jakarta.

Rangkuti, Freddy, 2014. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ridwan dan Sunarto. 2007. Pengantar Statistik untuk Penelitian Sosial Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Stanton, William J, 2013. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Buchari Alma. Jilid Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga.

Stice, Stice, Skousen. 2010. Akuntansi Keuangan, Buku I Edisi 16. PT Raja Jakarta: Grafindo Persada.

Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuisioner dan Analisis Data untuk pemasaran dan perilaku konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Skripsi dan Jurnal:

Erni Yunaida. 2017. Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Pendapatan Produk Surat dan Paket Kantor pos Langsa. Ejournalunsam.

Irfan Zevi. 2018. Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk pada PT. Proderma Sukses Mandiri. Skripsi UIN Jakarta.

Nanik. 2017. Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Pendapatan di Koperasi Unit Desa (KUD) Bahagia Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Skripsi. Opac pusat perpustakaan Stain Kudus.

Rendy Ramadhani. 2018. Strategi Pemasaran Mebel untuk Meningkatkan Pendapatan pada PT Romi Violeta di Sidoarjo. Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur