ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA EKSPEDISI J&T EXPRESS (Studi Kasus Pada Konsumen J&T Express DP Driyorejo Gresik)
Abstract
J&T Express merupakan perusahaan penyedia jasa ekspedisi yang baru muncul selama tiga tahun terkahir. Namun dengan durasi yang cukup singkat, J&T Express telah sangat dikenal oleh para konsumen dan dapat diterima oleh masyarakat dengan cukup baik. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang telah menggunakan jasa ekspedisi J&T Express. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik insidental sampling. Adapun klasifikasi karakter responden yaitu seperti jenis kelamin, usia, jenis paket dan tujuan paket. Dalam penelitian ini menggunakan variabel latent dan variabel manifest yang telah di matrix. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis faktor exploratory. Pada perhitungan hasil akhir analisis faktor dengan memasukkan variabel manifest dan menghasilkan variabel tetap yaitu mutu pelayanan, harga seuai kualitas, tempat mudah ditemui, gratis ongkos kirim, kesopanan karyawan, kebersihan, menawarkan jasa jemput paket, harga terjangkau, tempat yang terjangkau, kesigapan karyawan, proses pengiriman tepat waktu, strategis, selogan mudah diingat, iklan di sosial media, ruang pelayanan nyaman, pelayanan hotline konsumen, potongan harga / promo, penampilan karyawan, fasilitas, proses klaim cepat, proses distribusi jelas, dan logo. Didapat bahwa nilai KMO dan Measure of Sampling Adequency (MSA) telah memenuhi syarat. Berdasarkan analisis faktor dengan menggunakan rotasi (varimax) diperoleh lima faktor pembentuk yang baru.
Kata kunci : Bauran Pemasaran, Faktor yang Dipertimbangkan, Analisis Faktor, J&T Express.References
Alma Buchari, 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Asra Abuzar, 2017. Analisis Multivariabel: Suatu Pengantar. Bogor: IN MEDIA
Dewi Purbowati. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen Memilih Jasa Pengiriman Pada PT. Pos Indonesia Di Kota Samarinda. Samarinda: eJournal: Vol. 6, No. 2
Le, A. N. H., Do, B. R., Azizah, N., Dang, R. H. P., & Cheng, J. M. S. (2018). Forces affecting perception of product comments on social‐WOM: An interactive, relational communication perspective. Journal of Consumer Behaviour, 17(4), 393-406.
Lupiyoadi Rambat, 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Oentoro, Deliyanti. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo
Ratih Hurriyati, 2010. Manajemen Pemasaran Jasa dan Bauran Pemasaran. Jakarta: Alfabeta
Setiyaningrum Ari, Udaya Jusuf, Efendi, 2015. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: ANDI
Silvi Alvionita Andarini. 2016. Faktor-faktor Pelayanan yang Dipertimbangkan Pelanggan Dalam Memilih Jasa Pengiriman Barang Pada JNE Cabang Malang. Malang: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Vol. 3, No. 2
Sokwadji, Jusuf. 2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Bisnis (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Tjiptono Fandy. 2011. Pemasaran Jasa, Penerbit Bayumedia, Malang
____________. 2012. Pemasaran Strategik, Yogyakarta dan Bandung: ANDI
____________. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: ANDI
Ujang Sumarwan, 2015. Perilaku Konsumen. Bogor: Graha Indonesia
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.