ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA EKSPEDISI J&T EXPRESS (Studi Kasus Pada Konsumen J&T Express DP Driyorejo Gresik)

Akbar Subarka, Ety Dwi Susanti

Abstract


J&T Express merupakan perusahaan penyedia jasa ekspedisi yang baru muncul selama tiga tahun terkahir. Namun dengan durasi yang cukup singkat, J&T Express telah sangat dikenal oleh para konsumen dan dapat diterima oleh masyarakat dengan cukup baik. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang telah menggunakan jasa ekspedisi J&T Express. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik insidental sampling. Adapun klasifikasi karakter responden yaitu seperti jenis kelamin, usia, jenis paket dan tujuan paket. Dalam penelitian ini menggunakan variabel latent dan variabel manifest yang telah di matrix. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis faktor exploratory. Pada perhitungan hasil akhir analisis faktor dengan memasukkan variabel manifest dan menghasilkan variabel tetap yaitu mutu pelayanan, harga seuai kualitas, tempat mudah ditemui, gratis ongkos kirim, kesopanan karyawan, kebersihan, menawarkan jasa jemput paket, harga terjangkau, tempat yang terjangkau, kesigapan karyawan, proses pengiriman tepat waktu, strategis, selogan mudah diingat, iklan di sosial media, ruang pelayanan nyaman, pelayanan hotline konsumen, potongan harga / promo, penampilan karyawan, fasilitas, proses klaim cepat, proses distribusi jelas, dan logo. Didapat bahwa nilai KMO dan Measure of Sampling Adequency (MSA) telah memenuhi syarat. Berdasarkan analisis faktor dengan menggunakan rotasi (varimax) diperoleh lima faktor pembentuk yang baru.

Kata kunci : Bauran Pemasaran, Faktor yang Dipertimbangkan, Analisis Faktor, J&T Express.

References


Alma Buchari, 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Asra Abuzar, 2017. Analisis Multivariabel: Suatu Pengantar. Bogor: IN MEDIA

Dewi Purbowati. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen Memilih Jasa Pengiriman Pada PT. Pos Indonesia Di Kota Samarinda. Samarinda: eJournal: Vol. 6, No. 2

Le, A. N. H., Do, B. R., Azizah, N., Dang, R. H. P., & Cheng, J. M. S. (2018). Forces affecting perception of product comments on social‐WOM: An interactive, relational communication perspective. Journal of Consumer Behaviour, 17(4), 393-406.

Lupiyoadi Rambat, 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Oentoro, Deliyanti. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo

Ratih Hurriyati, 2010. Manajemen Pemasaran Jasa dan Bauran Pemasaran. Jakarta: Alfabeta

Setiyaningrum Ari, Udaya Jusuf, Efendi, 2015. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: ANDI

Silvi Alvionita Andarini. 2016. Faktor-faktor Pelayanan yang Dipertimbangkan Pelanggan Dalam Memilih Jasa Pengiriman Barang Pada JNE Cabang Malang. Malang: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Vol. 3, No. 2

Sokwadji, Jusuf. 2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Bisnis (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Tjiptono Fandy. 2011. Pemasaran Jasa, Penerbit Bayumedia, Malang

____________. 2012. Pemasaran Strategik, Yogyakarta dan Bandung: ANDI

____________. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: ANDI

Ujang Sumarwan, 2015. Perilaku Konsumen. Bogor: Graha Indonesia


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur