STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA DI WONOSALAM DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK PENGUNJUNG (Studi Kasus Pada Agrowisata di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang)

Septian Elly Susanti, Budi Prabowo

Abstract


Kecamatan wonosalam merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Jombang, yang memiliki beragam kekayaan potensi wisata baik alami dan buatan, hal ini didukung oleh ketersediaannya potensi wisata alam yang sangat beragam. Dimana memiliki kenaikan jumlah pengunjung ditiap tahunnya secara signifikan. Yang berarti memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan oleh para pesaingnya

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman bagi wisata Wonosalam itu sendiri kemudian menganalisis strategi apa yang sesuai dengan kondisi wisata Wonosalam. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan tahapan formulasi strategi, yaitu matriks IFAS dan EFAS, dan analisis SWOT. Dan teknik yang digunakan menggunakan in deept interview, observasi partisipan dan wawancara.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal terdapat 6 kekuatan dan 5 kelemahan, dan faktor eksternal terdapat 7 peluang dan 5 ancaman. Berdasarkan matriks IFAS dan EFAS menghasilkan total skor kekuatan sebesar 1.88, kelemahan 1.5, peluang 1.58 dan ancaman 1.48. Hasil rumusan strategi matriks swot cenderung ke strategi SO karena menghasilkan nilai paling tinggi yaitu dengan nilai 3.46. startegi yang bisa diterapkan adalah Menjaga, meningkatkan serta melestarikan potensi alam yang ada kemudian mengembangkan program-program yang menarik dengan cara  memberdayakan masyarakat lokal untuk saling membantu dan ikut berpartisipasi dalam menciptakan reputasi yang baik.

Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategi Pemasaran Pariwisata, Matrik IFAS dan Matrik EFAS, Agrowisata Kecamatan Wonosalam.


References


Arif, Lukman., & Kriswibowo, A. 2019. Birokrasi. Banyumas: Sasanti Institute

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Fandy, Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Indrawan, Rully. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Surabaya: Adi Tama.

Jaenudin. 2017. Strategi Pemasaran Pariwisata Indonesia sebagai Antisipasi dari Perubahan Ekonomi Global. Jurnal. Fakultas Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi. ISSN 2580-3220.

Kotler, Philip. 2014. Prinsip-prinsip Manajemen Edisi 14, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler,Philip Kevin Lane Keller. 2014. Manajemen Pemasaran Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nurul, A., Imam, S., & Andriani, K. (2017). The development perceived of product comments trust-ability on social media: a social information processing (SIP) theory approach (survey on Facebook community of Taiwanese students colleges). Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 62(2).

Rangkuti, Freddy. 2013. Riset Pemasaran. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Setianingrum, Ari., Jusuf Udaya, dan Efendi. 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suriadi, Irwan., Didy Ika Supriyadi. 2017. Mix Strategi dan Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Jurnal. Program Studi Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. ISSN 1412-7601

Utama, I Gusti Bagus Rai. 2017. Pemaaran Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur