PENGARUH HARGA PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI SALON VIRLIAN DI SIDOARJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen di Salon Virlian di Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa rias pada Salon Virlian di Sidoarjo pada bulan Maret – April 2017. Sampel sebanyak 100 orang responden. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jenis data primer dan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini secara simultan harga, pelayanan, dan fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hal ini terbukti dari nilai fhitung (7,235) > ftabel (2,70) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Secara parsial harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung (1,744) < ttabel (1,984). Pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung (2,325) > ttabel (1,984). Fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung (2,854) > ttabel (1,984). Variabel yang paling berpengaruh yaitu variabel fasilitas (X3) sebesar thitung (2,854).
Kata Kunci : Harga, pelayanan, fasilitas, dan Kepuasan Konsumen
References
Alma, Buchari, 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi revisi. Bandung. Alfabeta.
Assauri, Sofjan, 2007, Manajemen Pemasaran. penerbit PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Fandy, Tjiptono, 2005. Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia publishing.
Fandy, Tjiptono, 2006. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi.
Fandy, Tjiptono, 2011. Pemasaran Jasa. Bayumedia, Malang.
Gerson, Richard. F, 2004. Mengukur Kepuasan Pelanggan, PPM, Jakarta.
Husein, Umar, 2009. Metode Riset Bisnis. Jakarta, Erlangga.
Husein, Umar, 2010, Riset pemasaran dan bisnis. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Irawan , Handi, 2008, Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan. Penerbit Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia Jakarta.
Kotler, Philip, 2008. Manajemen pemasaran. Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molen, PT. Prenhall indo. Jakarta.
Kotler, Philip dan Keller Kevin Lane, 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ketigabelas jilid 1. Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta. Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi ketigabelas jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Lupiyoadi, dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi kedua. Jakarta, Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani, 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Dua. Salemba Empat, Jakarta.
Lupiyoadi, 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta.
Pabundu, Tika, 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta, Bumi Aksara.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Sugiyono, 2012. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung, Alfabeta.
Sulaiman, Wahid, 2004. Analisis-analisis Regresi Menggunakan SPSS. Yogyakarta, Andi.
Swastha, Basu, 2007, Azas Azas Marketing, Penerbit Liberty Yogyakarta.
Website :
http://ahlibaca.com/faktor-yang-mempengaruhi-penetapan-harga
http://semuapengertian31.blogspot.co.id/2016/04/pengertian-pelayanan-dan-kualitas.html
http://www.kajianpustaka.com/2012/10/pengertian-konsep-dan-strategi-pemasaran.htm
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.