PENGARUH HARGA PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI SALON VIRLIAN DI SIDOARJO

Palupi diah apsari, suparwati suparwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen di Salon Virlian di Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa rias pada Salon Virlian di Sidoarjo pada bulan Maret – April 2017. Sampel sebanyak 100 orang responden. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jenis data primer dan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini secara simultan harga, pelayanan, dan fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hal ini terbukti dari nilai fhitung (7,235) > ftabel (2,70) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Secara parsial harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung (1,744) < ttabel (1,984). Pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung (2,325) > ttabel (1,984). Fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung (2,854) > ttabel (1,984). Variabel yang paling berpengaruh yaitu variabel fasilitas (X3) sebesar thitung (2,854).

Kata Kunci : Harga, pelayanan, fasilitas, dan Kepuasan Konsumen

 


References


Alma, Buchari, 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi revisi. Bandung. Alfabeta.

Assauri, Sofjan, 2007, Manajemen Pemasaran. penerbit PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Fandy, Tjiptono, 2005. Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia publishing.

Fandy, Tjiptono, 2006. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi.

Fandy, Tjiptono, 2011. Pemasaran Jasa. Bayumedia, Malang.

Gerson, Richard. F, 2004. Mengukur Kepuasan Pelanggan, PPM, Jakarta.

Husein, Umar, 2009. Metode Riset Bisnis. Jakarta, Erlangga.

Husein, Umar, 2010, Riset pemasaran dan bisnis. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Irawan , Handi, 2008, Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan. Penerbit Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia Jakarta.

Kotler, Philip, 2008. Manajemen pemasaran. Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molen, PT. Prenhall indo. Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller Kevin Lane, 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ketigabelas jilid 1. Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta. Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi ketigabelas jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Lupiyoadi, dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi kedua. Jakarta, Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani, 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Dua. Salemba Empat, Jakarta.

Lupiyoadi, 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta.

Pabundu, Tika, 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta, Bumi Aksara.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Sugiyono, 2012. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung, Alfabeta.

Sulaiman, Wahid, 2004. Analisis-analisis Regresi Menggunakan SPSS. Yogyakarta, Andi.

Swastha, Basu, 2007, Azas Azas Marketing, Penerbit Liberty Yogyakarta.

Website :

http://ahlibaca.com/faktor-yang-mempengaruhi-penetapan-harga

http://semuapengertian31.blogspot.co.id/2016/04/pengertian-pelayanan-dan-kualitas.html

http://www.kajianpustaka.com/2012/10/pengertian-konsep-dan-strategi-pemasaran.htm


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur