PENGARUH BRAND CHARACTERISTIC DAN POSITIONING PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG KOSMETIK WARDAH PADA MAHASISWI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR

Ercie Leisember, sonja andarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh variabel brand characteristic dan positioning secara bersamaan terhadap keputusan pembelian ulang kosmetik Wardah dan pengaruh variabel brand characteristic terhadap keputusan pembelian ulang kosmetik Wardah serta  pengaruh variabel positioning terhadap keputusan pembelian ulang kosmetik Wardah.

Populasi penelitian ini adalah Mahasiswi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sebanyak 100 responden yang didominasi oleh usia 22 tahun yakni sebanyak 23 responden atau 23% dan didominasi frekuensi membeli kosmetik Wardah lebih dari dua kali yakni 56 responden atau 56%.

Instrumen yang digunakan oleh peneliti menggunakan kuesioner yang telah diuji coba dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel brand characteristic dan positioning secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ulang kosmetik Wardah. Secara Parsial Brand Characteristic berpengaruh signifikan dan Positioning tidak berpengaruh secara signifikan. Sedangkan variabel yang memiliki nilai β paling dominan dengan kata lain variabel yang berpengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian ulang kosmetik Wardah adalah variabel brand characteristic yaitu sebesar 0,436.

 

Kata Kunci:Brand Characteristic, Positioning dan Keputusan Pembelian Ulang


References


Fandy, Tjiptono. 2011.Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta : CAPS.

Kotler dan Keller. 2012. Marketing Management Edisi 14. Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2013.Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Jakarta : Erlangga.

Nininta, Nina. 2010. Pengaruh Perceived Quality dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada CV. Brastagi Supermarket Medan. Sumatera Utara : Skripsi.

Philip Kotler. Hermawan Kartajaya. dan Iwan Setiawan. 2012. Marketing 3.0.

Jakarta : Erlangga.

Rangkuti, F. 2011. Dongkrak Penjualan Melalui Marketing Strategy & Competitive Positioning. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Saragih, Nurdin. 2011. Pengaruh Brand Characteristic dan Company Characteristic Terhadap Brand Loyalty Pada Konsumen Handphone Bermerek Nokia di Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara : Skripsi

Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi

(mixed methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2013. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi, dan Kasus. Yogyakarta: CAPS

Tjahyadi, R.. 2006. Brand Trust dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, dan Karakteristik Hubungan Pelanggan-Merek. Bandung : Jurnal Manajemen, Vol. 6, No. 1. Staf Pengajar Fakultas Ekonomi,Universitas Kristen Maranatha.

Widjaja, B.T. 2009.Lifestyle Marketing. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur