PENGARUH MOTIVASI KERJA, KONFLIK PERAN, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMP BAHRUL MAGHFIROH MALANG

Eny Lestari Widarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh motivasi kerja, konflik peran, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru secara simultan dan parsial di SMP Bahrul Maghfiroh Malang.Lokasi penelitin ini berada di SMP Bahrul Maghfiroh Malang. Responden penelitian ini adalah guru di sekolah tersebut sebanyak 17 orang. Data diambil dari kusioner yang telah disebarkan kepada guru-guru. Variabel penelitian adalah variabel bebas yaitu motivasi kerja, konflik peran, kepuasan kerja, dan Variabel terikat adalah kinerja guru. Teknik analisa data menggunakan analisa regresi linier berganda, Uji hipotesis secara simultan menggunakan Uji F dan secara parsial  menggunakan uji t.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel motivasi kerja, konflik peran, dan kepuasan kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru. Variabel motivasi kerja berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru. Variabel konflik peran berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru. Variabel kepuasan kerja berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru.

Kata kunci: motivasi kerja, konflik peran, kepuasan kerja, dan kinerja guru


References


Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 dan Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 19 Tahun 2007. Melalui www.kemenag.go.id

UU 19 Tahun 2005. Melalui www.sipma.ui.ac.id/files/dokumen/

Gultekin, H. & Acar, E. 2014. The Intrinsic and Extrinsic Factors for Teacher Motivation. vol. 48 291-306. Rumania: Expert Projecs Publishinh House. www.doaj.org

Sunyoto, D. 2013. Teori,Kusioner, dan Proses Analisis Data Perilaku Organisasional. Yogyakarta: CAPS.

Mc Shane, S.L. & Von Glinow M.A. 2005. Organizationa Behaviour: Emerging Realities for The Workplace Revolution. New York: Mc Graw Hill.

Amstrong, M. 2009. Amstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice 11th. London: Kogan Page.

Istijanto.2006. Riset Praktis Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT S

Peters, J. 2013. Workload, Stress and Job Satisfaction Among Waldorlf Teacher. vol.3 no.2 111-117. www.rosejourn.com

Robbins, S. P. & Judge, T. A. 2013. Organizational Behaviour. New Jersey: Pearson Education.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur