STRATEGI PEMASARAN PADA CAFÉ CELEBRITY DI JALAN LECI MOJOKERTO

Angga Trisila Y, lia nirawati

Abstract


Semakin berkembangnya dunia usaha disegala jenis sector tentu  ini akan berimbas pada tingkat persaingan dunia usaha yang semakin ketat. Hal ini memaksa perusahaan untuk lebih memperhatikan lingkungan yang dapat mempengaruhi perusahaan, agar perusahaan mengetahui strategi pemasaran seperti apa dan bagaimana yang harus diterapkan dalam perusahaan. Minat konsumen terhadap Café semakin meningkat terutama di kota-kota besar. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian tentang Strategi Pemasaran Pada Cafe Celebrity di Jalan Leci, Mojokerto.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan anilisis SWOT, untuk mencapai kesimpulan SWOT dan mengetahui strategi pemasaran yang tepat padaCafé Celebrity maka melakukan analisis lingkungan dengan mengunakan IFAS yang mencangkup mengenai kekuatan dan kelamahan perusahaan dan EFAS mencangkup mengenai peluang dan ancaman bagi perusahaan.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan dalam diagram SWOT posisi Café Celebrity berada pada kuadran I dimana posisi ini menjelaskan bahawa Café Celebrity memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisiini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang  agresif (growth oriented strategy).

Kata kunci :Analisis SWOT, EFAS, IFAS, Strategi Pemasaran


References


Anoraga, Pandji. 2008. Manajemen Bisnis. Cetakan Ketiga. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Assauri, Sofjan. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

_______________2007.Manajemen Pemasaran, Rajawali Pers, Jakarta.

BasuSwastha, DH dan Irawan. 2006. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty:Yogykarta.

Boone, Louis E dan Kurtz, David L. (2008).Pengantar Bisnis.Jilid ke-1.Terjemahan Anwar Fadriansyah. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Boyd, Walker dan Larreche. 2007. Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global, Edisi Kedua.Jakarta : Erlangga.

Dharmmesta, B.S. 2007. Journal Marketing Mix dan Bisnis Indonesia

FandyTjiptono, 2009.Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia Publishing.

Fuad (2009:128) PengantarBisnis, PT Gramedia PustakaUtama, Jakarta.

Hendry Ma’ruf (2010:242), Pemasaran Ritel, PT. Gramedia Pustaka Utama.

_____________2006, PemasaranRitel, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

HuseinUmar, 2009.MetodePenelitian. Jakarta :Salemba Empat.

Jatmiko, RD, 2008, ManajemenStrategik, Edisi Pertama, UMM Press, Malang.

Kotler, Philip, 2010, Manajemen Pemasaran, EdisiMilenium, Jakarta, Prehallindo

___________ 2010. Manajemen Pemasaran :Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol.Jakarta : PT. Prehallindo.

__________Armstrong, Garry, 2008.Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

__________Kevin Lane Keller. 2010. Manajemen Pemasaran Jilid 2, edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga.

__________ Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Madura, Jeff. 2006. Keuangan Perusahaan Internasional, Edisi Kedelapan.Jakarta :SalembaEmpat

M. Fuaddkk. (2009:92). Pengantar Bisnis. PT GramediaPustakaUtama, Jakarta.

Ma’ruf, Handri. 2007. Pemasaran Ritel. Jakarta:GramediaPustaka.

MulyanaDeddy, M.A., Ph.D. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta :Rosda.

Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung :remajaRosdaKarya.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. GramediaPustakaUtama.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur