ANALISIS BRAND IMAGE, HARGA DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TELEVISI TOSHIBA DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisia pengaruh brand image, harga, dan atribut produk terhadap keputusan pembelian dan juga untuk mengetahui variabel manakah yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Produk televisi Toshiba, teknik sampel penelitian ini adalah dengan teknik non probability sample yaitu teknik pengambilan sampling yang tidak memberikan peluang dan kesempatan yang sama, dengan metode incidential yaitu penarikan sampel secara kebetulan atau siapa-siapa saja yang ditemui. Sampel adalah 100 orang konsumen. Untuk memperoleh instrument yang valid dan reliabel dilakukan uji validitasdan uji reliabilitas. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari penyebaran kuesioner kepadakonsumen, sedangkan data sekunder yaitu data yang terkait dengan objek penelitian yang disajikan oleh pihak Produk televisi Toshiba. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dengan program SPSS.
Dari uji hipotesis secara simultan (uji F) terdapat pengaruh signifikan antara variabel bebas terhadap variabel terikat dibuktikan dengan hasil fhitung> ftabel yakni 22,145 > 2,699. Dan diketahui dalam penelitian ini yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pada Produk televisi Toshiba adalah variabel harga (X2). Hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung 1,985, dengan signifikansi terkecil 0,00
Kata kunci : Brand Image, harga, atribut produk, keputusan pembelian
References
Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali Press.
Buchari, Alma. 2011. Manajemen Pemsaran dan Pemaaran Jasa, Bandung : Alfabeta.
Basu Swastha dan Hani Handoko. 2011. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE
Darmayanti, Ni Ketut. 2015. Pengaruh Atribut Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Android di Kabupaten Gianyar Bali. Uiversitas Udayana, Bali.
Juliansyah, Noor. 2013. Metodologi Penelitian, Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Kotler, Amstrong . 2010. Prinsip-prinsip Marketing. Edisi 13. Jakarta ; E;angga.
Kotler dan Keller. 2012. Marketing Menejemen Edisi 14, Global Edition : Pearson Prentice Hall.
Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen. Jakarta : Kencana.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta
Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku Konsumen. CAPS (Center of Academy Publishing Service) : Yogyakarta
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.