PENGUATAN UMKM MELALUI PENERAPAN SERVICESCAPE MODEL UNTUK MENINGKATKAN JANGKAUAN PEMASARAN DI KECAMATAN SAWAHAN SURABAYA

Wilma Cordelia Izaak, Nurul Azizah, Arimurti Kriswibowo

Abstract


Abstract

Community service activities carried out by the Community Service Team in the Sawahan Sub-District of Surabaya aim to provide knowledge about the application of the servicecape model for umkm actors as a marketing strategy and provide skills to MSME owners in shaping the consumer mindset through the pattern of perceived sacrifice with the main objective being to increase marketing reach. The direct benefit of this community service activity is as additional knowledge, skills and experience to MSME owners related to the application of the servicescape model in increasing marketing reach. The expected benefit of derivatives is that the application of the servicescape model as a marketing strategy can increase the sales turnover of MSME owners and be able to prosper the community in the Sawahan District of Surabaya. Community service activities are carried out in the form of training by providing material and practice of applying the servicescape model as a marketing strategy. The target audience for this community service activity is the owners of MSMEs in Sawahan District, amounting to 50 people. The method of activities used in community service is the method of lecture, question and answer, discussion and practice. Evaluation of activities in community service is an aspect of continuous knowledge and skills.

Keywords: MSME; Servicescape; Perceived Sacrifice; Marketing

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat di Kecamatan Sawahan Surabaya bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang penerapan model servicescape bagi para pelaku umkm sebagai strategi pemasaran dan memberikan keterampilan kepada pemilik UMKM dalam membentuk mindset konsumen melalui pola perceived sacrifice dengan tujuan utama adalah untuk meningkatkan jangkauan pemasaran. Manfaat langsung dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ialah sebagai tambahan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman kepada pemi- lik UMKM terkait dengan penerapan model servicescape dalam meningkatkan jangkauan pemasaran. Manfaat turunan yang diharapkan adalah dengan adanya penerapan model servicescape sebagai strategi pemasaran dapat meningkatkan omzet penjualan pemilik UMKM dan mampu untuk mensejahterakan masyarakat di Kecamatan Sawahan Surabaya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dengan pemberian materi dan praktik penerapan model servicescape sebagai strategi pemasaran. Khalayak sasaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemilik UMKM di Kecamatan Sawahan berjumlah 50 orang. Metode kegiatan yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan praktik. Evaluasi kegiatan dalam pengabdian masyarakat ini adalah aspek pengetahuan dan keterampilan yang berkesinambungan.

Kata Kunci: UMKM; Servicescape; Perceived Sacrifice; Pemasaran


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur