Pengaruh Marketing Mix Terhadap Penjualan (Studi Pada Toko Pakaian Bekas Remaja)
Abstract
Keputusan pemasaran seringkali berkaitan erat dengan empat masalah pokok, yakni produk, harga, tempat, dan promosi yang merupakan varibel-variabel dalam marketing mix. Dalam memilih sebuah produk konsumen tentunya memiliki kriteria evaluasi diantaranya bagaimana kualitas produk, harga serta pelayanan yang diberikan dan tentunya marketing yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat seberapa pengaruhnya marketing
mix terhadap penjualan pada toko pakaian bekas di kota Surabaya. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan kuesioner, populasi dalam penelitian ini para konsumen yang datang dan membeli pakaian bekas toko, sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden. Pengambilan sampelnya, menggunakan teknik purposive sampling dimana konsumen yang memeli pakaian bekas. Teknik analisis data dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berga nda
dimana untuk menentukan ketepatan prediksi dan pengaruh yang terjadi antara variabel independen dan dependen. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan (Uji F) variabel bebas Product (X1), Price (X2), Place (X3), Promotion (X4) secara simultan bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat Tingkat penjualan (Y) pada toko pakaian bekas Senja SecondBrand. Sementara itu secara parsial (uji T) variabel yang berpengaruh secara signifikan adalah Product dan Price, sedangkan Place dan Promotion memiliki pengaruh tetapi tidak signifikan terhadap keputusan konsumen dan tingkat penjualan pada toko pakaian bekas Senja SecondBrand.
Kata kunci : Marketing mix, Penjualan
References
Aditya Indra Febrianto, 2014, Penerapan Strategi Marketing Mix, Cetakan.
Adrian Payne, 2013, Dasar Dasar Pemasaran, PT. Raja Grafindo Persada,Jakarta.
Arikunto,2005, Manajemen Pemasaran dan Jasa, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Assuari, 2004, Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Fandy Tjiptono, 2014, Keputusan Pembelian Konsumen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Gary Amstrong, 2001, Elemen Elemen Promosi. Jakarta: Erlangga.
Khoiruman, 2006, Analisis Strategi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kotler, Philip. 2000, Bauran Pemasaran. the Millenium edition. New jersey: Prentice Hall
Kotler, Philip. 2009, Marketing Manajemen. Jilid 1, Edisi Millenium, Jakarta, Prehallindo.
Kotler, Philip, 2009, Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas, Jakarta: Index Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip. 2016, Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba empat.
Margono, 2014, Metode Observasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Milles dan Huberman, 2006, Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Bisnis, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Moleong, 2014, Jenis Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rina Rahmawati, 2007, Strategi Pemasaran. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Saifudin, 2014, Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Udin: Yogyakarta
Siregar, 2017, Menyusun strategi harga. Jakarta: PT. Damar Mulia Pustaka.
Sugiono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif. CV. Alfabeta: Bandung.
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.