PERANAN SEGMENTASI PASAR DALAM MENENTUKAN STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN BERGAS COFFEE SURABAYA
Abstract
Penelitian ini berjudul peranan segmentasi pasar dalam menentukan strategi bisnis untuk
meningkatkan volume penjualan bergas coffee yang bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk
mengetahui strategi pemasaran segmentasi pasar yang diterapkan pada bergas coffee, (2) Untuk
menganalisis atau mengetahui peranan segmentasi pasar dalam menentukan strategi bisnis untuk
meningkatkan volume penjualan bergas coffee.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif,
dimana sumber penelitian ini diperoleh menggunakan teknik pengambilan data wawancara,
observasi, dan pemanfaatan dokumen yang berkaitan dengan peran segmentasi pasar untuk
menentukkan strategi bisnis untuk meningkatkan volume penjualan bergas coffee. Lokasi
penelitian pada penelitian ini adalah “bergas coffee” yang berlokasi Di Jalan Kalibutuh No. 02
A, Tembok Dukuh, Kec. Bubutan, Kota Surabaya. Penentuan informan dilakukan dengan teknik
sampling insidental dan sampling purposive selanjutnya, teknik analisis data yang digunakan
pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dimana
populasinya adalah tempat usaha bergas coffee yang terdiri dari owner 1 orang, karyawan 2
orang, pengunjung pada masa pandemi ini kurang lebih tiap harinya sekitar 25 orang hal itu
dikarenakan masa pandemi Covid 19 ini. Sampel terdiri dari 1 orang pemilik bergas coffee, 2
orang karyawan bergas coffee serta ± 10 orang konsumen/ pembeli di bergas coffee. karena
pada saat penelitian peneliti hanya bertemu 10 orang.
Pada Penelitian ini diperoleh hasil pembahasan, yaitu dimana pada Bergas Coffee
menggunkan beberapa segmentasi diantaranya Segmentasi Geografis, Psikografis, Demografis.
Berdasarkan segmentasi tersebut Bergas Coffee menentukan strategi bisnisnya yaitu
menggunakan strategi Bauran Pemasaran, dimana strategi tersebut berjalan efektif untuk
meningkatkan volume penjualan pada Bergas Coffee.
Kata Kunci : strategi, segmentasi pasar, volume penjualan
Refbacks
- There are currently no refbacks.