IMPLEMENTASI ANALISIS SWOT (STRENGTH, WEAKNESS, OPPORTUNITIES, AND THREAT) DALAM STRATEGI PEMASARAN PRODUK PADA PT ADIB GLOBAL FOOD SUPPLIES SURABAYA

Denyka Arinda Putri, Stephanie Ceicillia, Garfianka Annur Rizky, Siti Ning Farida

Abstract


PT Adib Global Food Supplies Surabaya is companies is a refrigeration truck transportation service (Cold Chain) and has meat, vegetable, fruit, marine and fresh fish products, processed / frozen food and dried materials for the domestic market segment. In the increasingly stringent development of the business world, especially in the field of food, which is constantly developing and very flexible, the company must be able to create a strategy so that it can get a positive assessment from consumers and be able to create an attraction for customers to make purchases again and continously.

This study aims to enable the company to be able to determine the strengths, weaknesses, threats and opportunities aspects of the company as well as to know what strategies should be implemented in order to reach the maximum point in its business, both in terms of the level of consumer loyalty, competitiveness, and so on. The method used is descriptive with data collection through observation, interviews, literature study and the Internet. The data analysis technique used is descriptive qualitative analysis techniques.

The result of this research is that PT Adib Global Food Supplies Surabaya has a weakness, namely the lack of experts for product development.

Keywords : SWOT Analysis, Marketing Strategy, Product Marketing

 

 

DOI : https://doi.org/10.33005/jbi.v13i1.3079


References


Wicaksana, Arie. Strategi Pemasaran dengan menggunakan Analisis SWOT tanpa skala Industri pada PT X di Jakarta. 2018. Jakarta.

Reca Elyarni, Hermanto. Analisis SWOT terhadap strategi pemasaran layanan SAP Express pada PT.SAP. 2016. Jakarta.

Tamara, Angelica. Implementasi Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. 2016. Medan,

Suhartini. Analisa SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan. 2012. Surabaya

Rahmayanti, HM. SWOT Analysis in Determining The Marketing Strategy of Frozen Shrimp, PT Mustika Mina Nusa Aurora Tarakan, North Borneo. 2015. Kalimantan Utara.

Muhammad Setiawan Rudiyanto, Nasib Subagio. Analisis SWOT Strategi Pemasaran pada ZOYA Samarinda Tahun 2018. 2018. Samarinda.

Nur Afrillita T. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor pada PT. Samekarindo Indah di Samarinda. 2013. Samarinda.

Daulika Nur Asiyah. Analisis SWOT Tahun 2017 Sebagai Pertimbangan Menetapkan Strategi Tahun 2018-2020 Pada PT Asyifak Graha Medika. 2017. Kediri.

Analisis SWOT (Pengertian, Tujuan, Aspek, Kuadran, dan Matriks) https://www.kajianpustaka.com/2020/09/analisis-SWOT.html. diakses pada November 2020

Strategi Pemasaran Definisi, Tipe, Tahapan, Konsep, Dan Contohnya. https://ekonomimanajemen.com/strategi-pemasaran/ diakses November 2020

Nugrohojati, A. S. 2013. Perencanaan Strategi Pemasaran Melalui Metode SWOT Guna Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus: PT.CI Kemang No. 112 Jakarta Selatan). Skripsi Teknik Industri. Fakultas Teknik Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indraprasta PGRI.

Supranto, J, 2011. Prilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (untuk memenangkan persaingan bisnis). Cetakankedua, penerbit, Mitra Wacana Media : Jakarta

Philip, Kotler, 2008, Manajemen Pemasaran, terjemahan Hendra Teguh, edisi keduabelas, cetakan kedua, Penerbit : Prenhalindo, Jakarta

Ningrum, Hamardika, A. P. 2010. Analis Strategi Pemasaran Usaha Jasa Pembuatan Dan Perbaikan Furniture UD. Suryani Furniture. Skripsi Pada Departemen Manajemen. Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Bogor. IPB. Bogor.

Rangkuti, Freddy. 2002. Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Akbar, E. 2014. Analisis Strategi Pemasaran Sarinira Hot Chocolate Dengan Metode BCG, SWOT, dan Benchmarking (Studi Kasus : CV. Sarinira Nusantara). Skripsi. Dipublikasi : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Setiawan, R. 2015. Penerapan Analisis SWOT Sebagai Landasan Merumuskan Strategi Pemasaran Usaha Jasa Sewa Mobil “Aman-Amin” Transport Tours And Travel Ambar Ketawang Sleman Yogyakarta. Skripsi. Dipublikasikan : FE Universitas Negeri Yogyakarta


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur