ANALISIS PENERAPAN POLA FREEMIUM DALAM MODEL BISNIS APLIKASI STEAMING MUSIK SPOTIFY (STUDI KASUS MODEL BISNIS FREEMIUM PADA APLIKASI SPOTIFY)
Abstract
Seiring kemajuan teknologi, konsumsi dan distribusi musik dunia telah bergeser ke digital. Musik dengan format digital bisa dipindah, disalin, atau bahkan dihapus sehingga masih dijumpai lagu bajakan yang diputar di berbagai negara. Salah satu alternatif penyelamat bagi industri musik adalah hadirnya aplikasi streaming musik, yang merupakan cara sah untuk mendengarkan musik dengan membayar lisensi karena perusahaan bekerja sama dengan perusahaan rekaman. Spotify merupakan salah satu aplikasi streaming musik yang merupakan contoh dari model bisnis freemium yang dapat digunakan pengguna secara gratis atau berbayar. Penelitian ini berfokus pada analisis penerapan model bisnis freemium terhadap aplikasi Spotify. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dimana data diambil data sekunder berupa informasi perusahaan antara lain; profil perusahaan, layanan yang diberikan aplikasi Spotify, business model canvas Spotify, model bisnis perusahaan, serta review pengguna yang termuat dalam Google Playstore. Hasil yang diperoleh yakni masih ditemui pengguna yang mengeluh mengenai sistem yang sering mengalami gangguan seperti lagu tiba-tiba berhenti dan aplikasi mogok terus menerus, sehingga pengguna menyayangkan karena telah membayar layanan tersebut tetapi tidak sesuai yang diharapkan. Selain itu, masih ditemukan pengguna yang kesulitan dalam melakukan pembelian Freemium melalui aplikasi yang terkesan rumit dan kesulitan untuk tersambung. Di samping banyaknya keluhan yang masuk, masih juga ditemui respon pelanggan yang mengapresiasi baik dari segi harga yang ditawarkan oleh Spotify yang ramah di kantong pelajar serta adanya fitur-fitur menarik dibandingkan pesaing yang lain seperti tersedianya fitur lirik yang sangat membantu, opsi untuk shuffle dan masih banyak lainnya
References
Dewantara, D., & Indriyani, R. (2020).
Analisa Pengembangan Bisnis pada PT.
Sentosa Adi Makmur Surabaya (Studi
Kasus pada Aspek Pemasaran). Agora,
(1).
Febriani, A., & Tiorida, E. (2019).
Pengaruh Perceived Value Spotify
Premium Terhadap Kepuasan Pelanggan
(Studi Pada Mahasiswa di Wilayah
Bandung Raya). In Prosiding Industrial
Research Workshop and National
Seminar , 10(1), 1193–1203.
Hardani. Ustiawaty, J. A. H. (2019).
Buku Metode Penelitian Kualitatif dan
Kuantitatif (Issue April).
Majid, Z. H., Brawijaya, U., Administrasi, F. I.,
Bisnis, J. A., & Pemasaran, K. M.
(2018) DALAM MODEL BISNIS
APLIKASI.
Spotify Solvay Case. (n.d.). Spotify Business
Model Canvas.
https://spotifycase.wordpress.co m/5-thebusiness-model/ Spotify. (n.d.). Spotify.
https://www.spotify.com/id
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.