ANALISIS PENERAPAN POLA FREEMIUM DALAM MODEL BISNIS APLIKASI STEAMING MUSIK SPOTIFY (STUDI KASUS MODEL BISNIS FREEMIUM PADA APLIKASI SPOTIFY)

Yanda Bara Kusuma, Indah Respati Kusumasari

Abstract


Seiring kemajuan teknologi, konsumsi dan distribusi musik dunia telah bergeser ke digital. Musik dengan format digital bisa dipindah, disalin, atau bahkan dihapus sehingga masih dijumpai lagu bajakan yang diputar di berbagai negara. Salah satu alternatif penyelamat bagi industri musik adalah hadirnya aplikasi streaming musik, yang merupakan cara sah untuk mendengarkan musik dengan membayar lisensi karena perusahaan bekerja sama dengan perusahaan rekaman. Spotify merupakan salah satu aplikasi streaming musik yang merupakan contoh dari model bisnis freemium yang dapat digunakan pengguna secara gratis atau berbayar. Penelitian ini berfokus pada analisis penerapan model bisnis freemium terhadap aplikasi Spotify. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dimana data diambil data sekunder berupa informasi perusahaan antara lain; profil perusahaan, layanan yang diberikan aplikasi Spotify, business model canvas Spotify, model bisnis perusahaan, serta review pengguna yang termuat dalam Google Playstore. Hasil yang diperoleh yakni masih ditemui pengguna yang mengeluh mengenai sistem yang sering mengalami gangguan seperti lagu tiba-tiba berhenti dan aplikasi mogok terus menerus, sehingga pengguna menyayangkan karena telah membayar layanan tersebut tetapi tidak sesuai yang diharapkan. Selain itu, masih ditemukan pengguna yang kesulitan dalam melakukan pembelian Freemium melalui aplikasi yang terkesan rumit dan kesulitan untuk tersambung. Di samping banyaknya keluhan yang masuk, masih juga ditemui respon pelanggan yang mengapresiasi baik dari segi harga yang ditawarkan oleh Spotify yang ramah di kantong pelajar serta adanya fitur-fitur menarik dibandingkan pesaing yang lain seperti tersedianya fitur lirik yang sangat membantu, opsi untuk shuffle dan masih banyak lainnya

 

DOI : https://doi.org/10.33005/jbi.v13i2.3444


References


Dewantara, D., & Indriyani, R. (2020).

Analisa Pengembangan Bisnis pada PT.

Sentosa Adi Makmur Surabaya (Studi

Kasus pada Aspek Pemasaran). Agora,

(1).

Febriani, A., & Tiorida, E. (2019).

Pengaruh Perceived Value Spotify

Premium Terhadap Kepuasan Pelanggan

(Studi Pada Mahasiswa di Wilayah

Bandung Raya). In Prosiding Industrial

Research Workshop and National

Seminar , 10(1), 1193–1203.

Hardani. Ustiawaty, J. A. H. (2019).

Buku Metode Penelitian Kualitatif dan

Kuantitatif (Issue April).

Majid, Z. H., Brawijaya, U., Administrasi, F. I.,

Bisnis, J. A., & Pemasaran, K. M.

(2018) DALAM MODEL BISNIS

APLIKASI.

Spotify Solvay Case. (n.d.). Spotify Business

Model Canvas.

https://spotifycase.wordpress.co m/5-thebusiness-model/ Spotify. (n.d.). Spotify.

https://www.spotify.com/id


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur