PERKEMBANGAN FRANCHISE DI INDONESIA

Rusdi Hidayat Nugroho, Indah Respati Kusumasari

Abstract


Saat ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangatlah cepat sehingga berdampak pada munculnya berbagai macam model bisnis. Salah satu model bisnis yang banyak ditemui saat ini adalah franchise. Franchise merupakan merupakan sebuah metode membuka bisnis dengan nama, merek dagang hingga produk dan bahan dari bisnis yang sudah ada. Pada penelitian ini digunakan metodepenelitian studi kepustakaan, yaitu dengan cara mengkaji teori-teori melalui berbagai macam referensi yang berhubungan dengan objek yang diteliti. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan sejarah mengenai franchise, konsep bisnis franchise dan bagaimana potensinya di Indonesia. Dari penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa semenjak model bisnis franchise masuk di Indonesia pada tahun 1950-an bisnis franchise terus menerus tumbuh dan berkembang seiring berkembangnya teknologi dan sifat konsumtif masyarakat. Bisnis franchise merupakan bisnis yang populer karena kenyamanan, kemudahan dan biaya yang rendah untuk memasuki pasar. Di Indonesia sendiri, bisnis waralaba memiliki prospek yang tinggi dan sangat berdampak pada perekonomian karena omzet bisnis franchise yang menjanjikan dan menyerap banyak tenaga kerja.

 

DOI : https://doi.org/10.33005/jbi.v13i2.3451


References


.(2021, November).Kemendag Sebut Potensi Besar Bisnis Waralaba di Indonesia. diakses dari https://majalahfranchise.com/kemendag-sebut-potensi- besar-bisnis-waralaba-di-indonesia/. diakses : 18 Juni 2022

Baden-Fuller, C,. Haeflinger, S., 2020. Business Models and Technological Innovation. Long Range Planning 46 (6), 419e426.

Badriyah, S.M. 2019. Aspek Hukum Perjanjian Franchise. Semarang : CV. TRIMEDIA PRATAMA. Hal 3-4

Chen, Y.S. 2019. E-Entrepreneurship and Innovation in Franchising. International Journal of E-Entrepreneurship and Innovation, 9(1). DOI: 10.4018/IJEEI.2019010101

Effendi, Arif.2021.Perlindungan Hukum Terhadap Franchisor dan Franchisee pada Usaha Waralaba dalam Perspektif Hak Kekayaan Intelektual (Studi Aspek Hukum Perjanjian). Jurnal Inovasi Penelitian Vol.2 Juli 2021

Erceg, A., Kelic, I., & Bilos, A. 2021. Evaluation of Franchise System Website : The Evidence from Croatia. Engineering and Service 13(1), 27-40. DOI : 10.2478/emj-2021-0002

Fahmiyah, I. dan Ghufron, M.I. 2019. Konsep Waralaba Perspektif ekonomi islam. Amwaluna : Jurnal Keuangan dan Ekonomi Syariah Vol.3 No.1, Page 130-146

Inas Fahmiyah, M. I. G.(2019). Konsep Waralaba Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah 2, 3(1), 130-148

Isradjuningtias, A.C.2020.Perbandingan Franchise Offering Circular Menurut Pranata Hukum Waralaba di Indonesia dan Australia. VeJ Volume 6, No.1 67- 93

Nafisa, Fahimatun.2021. Waralaba Minuman Kekinian Di Indonesia. KKB KK-2 FV.TP.01-21 Put d.

Nasrullah.2021 Royalti Penggunaan Merek dalam Sistem Franchise di Indonesia menurut Hukum Islam. Al’ Adl: Jurnal Hukum, Vol 1 Nomor 2, Juli 2021

Prabowo, M.S dan Muhyidin, M. 2021. Analisis Praktik Bisnis Waralaba dalam perspektid Persaingan Usaha (Studi Komparatif Salbel Lombok Resto dan Rocket Chicken Kota Brebes). Jurnal Ilmiah Hukum QISTIE Vol.14 No.1

Prihandono, D. dkk.2021.Franchise Business Sustainability Model : Role of Conflict Risk Management in Indonesian Franchise Business. Problems and Perspectives in Management, Volume 19, Issue 3, 2021

Sofiah, R., Suhartono, dan Hidayah, R.2020. Analisis Karakteristik Sains Teknologi Masyarakat (STM) Sebagai Model Pembelajaran : Sebuah Studi Literatur. Pendagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 7, Nomor 1, Mei 2020. https://journal.uniku.ac.id/index.php/pendagogi

Suhairi.2022. Persepsi Model Bisnis Pengembangan Kolaborasi Masa depan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol.9 No. 1


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur