ANALISIS BAURAN PEMASARAN TRANSPORASI BUS TRANS SEMANGGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Bus Trans Semanggi dalam meningkatkan jumlah penumpang berdasarkan Marketing Mix (Bauran Pemasaran
4P). Metode yang digunakan berjenis kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif yang mengacu pada konsep bauran pemasaran 4P yakni Product (Bus Trans Semanggi), Price (Tarif Bus Trans Semanggi), Place (Rute dan Halte/Bus Stop Bus Trans Semanggi), dan Promotion (Kepopuleran Bus Trans Semanggi) melalui teknik pengumpulan data berupa pemungutan angket/kuisioner kepada 100 (Seratus) penumpang Bus Trans Semanggi berdasarkan random sampling untuk mengetahui gambaran, fenomena, kejadian, serta peristiwa secara langsung yang terjadi pada operasional Bus Trans Semanggi di Kota Surabaya.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pada Product (Bus Trans Semanggi) seluruh penumpang menilai interior dan eksterios Bus Trans Semanggi terlihat bagus dan dirasa nyaman. Pada Price (Tarif Bus Trans Semanggi) dirasa terjangkau dan mudah dalam metode pembayaran oleh mayoritas atau Sebagian besar penumpang Bus Trans Semanggi. Pada Place (Rute dan Halte/Bus Stop Bus Trans Semanggi) mayoritas penumpang merasa bahwa rute yang dilalui bisa menjangkau lokasi tujuan dengan tepat namun sangat perlu untuk menambah rute baru agar bisa menjangkau seluruh Kota Surabaya. Pada Promotion (Kepopuleran Bus Trans Semanggi) masih cukup banyak penumpang yang belum mengetahui akun media sosial Bus Trans Semanggi dan hampir setengah dari penumpang belum pernah menjumpai iklan Bus Trans Semanggi baik melalui media sosial, siaran televisi, siaran radio, media cetak, dan sebagainya.
References
Adisasmita, Rahardjo. 2014. Manajemen Pembangunan Transportasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Asuri, Sofian. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Cooper, D. R., & Schindler. 2017. Metode Penelitian Bisnis, Edisi 12. Jakarta : Salemba Empat.
Fakhudin Arif. (2019). Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Frekuensi Penumpang. Jurnal Manajemen Dirgantara Vol. 12, No. 1, 2252 - 7451.
Farida. A. Ida., & Yogi November. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran
P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Attahiriyah Vol. 1, No. 1, 2527 - 7502.
Karyayuris, P. D., & Soni, H. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Transportasi Taksi Konvensional Menghadapi Persaingan Jasa Transportasi Berbasis Online. Journal of Business and Banking Vol. VII, No. 1, 2088 - 7841.
Kota Surabaya. 2018. Transportasi dan Pariwisata. Surabaya : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya.
Moelong. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja.
Mulya, H., Sukoharsono, E. G., Djamburi, A., & Baridwan, Z. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Akuntansi Harta Era Sultan Syarif Kasim Kerajaan Siak Indrapura Riau 1908-1946. Jakarta : Mitra Wacana Media.
Noor, Juliansyah. 2011. Metodelogi Penelitihan. Jakarta NCSS, 1992, Curriculum
Standards For Social Studies. Jakarta : Media Grup.
Rangkuti, Freddy. 2015. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : Gramedia.
Republik Indonesia. 2012. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No.49 Tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi
Angkutan Udara Niaga Berjadwal. Jakarta : Menteri Perhubungan.
Silaen, Sofar. 2013. Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis.Bogor : In Media.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.
Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Sunyoto, D. 2012. Manajemen Pemasaran : Pendekatan, Konsep, Kasus, dan Psikologis Bisnis. Yogyakarta : CAPS.
Suyanto, Bagong. Metode Penelitian Sosial : Berbagi Pendekatan. Jakarta : Kencana.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Andi Yogyakata.
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.