STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN JASA PADA AYO LIBURAN TOUR & TRAVEL

Sonnia Andini, Adhelia Yohanita, Gadis Arzia, Ety Dwi Susanti, Rima Ambarwati, Sari Hastiti

Abstract


Peneliti ini menggunakan Ayo Liburan Tour & Travel, Gresik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan jasa pada Ayo Liburan tour & travel. Hasil dari metode SWOT digunakan sebagai dasar untuk menentukan strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Ayo Liburan tour & travel untuk meningkatkan persaingan bisnis. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deksriptif kualitatif. Analisis data pada penelitian ini bersifat induktif, berdasarkan fakta yang ada dilapangan dan dikontruksikan menjadi teori atau hipotesis. Dalam metode kualitatif menggunakan teknik pengambilan data wawancara mendalam berdasarkan indikator 7P (product, price, place, people, physical evidence, dan process). Pada diagram SWOT strategi S dan T terletak pada kuadran II, sehingga strategi yang dapat diterapkan untuk dapat meningkatkan volume penjualan berdasarkan strategi diversifikasi ialah dengan melakukan inovasiinovasi terbaru, meningkatkan pelayanan, lalu menyusun strategi - strategi yang digunakan untuk menghadapi era “new normal” agar dapat bertahan, baik dalam persaingan dan juga dalam mempertahankan kualitas dari pelayanan jasa pada perusahaan.

References


Aaker, D. (2011). Manajemen

Pemasaran Strategi. Jakarta:Salemba

Empat.

Abdullah dan Tantri. (2012).

Manajemen Pemasaran.

Jakarta:PT. Raja Grafindo

Persada.

Alma, Buchari.(2014). Manajemen

Pemasaran Dan Pemasaran Jasa.

Bandung:Alfabeta. David, F. (2011).

Manajemen Strategis : Konsep.

Jakarta: Salemba Empat.

Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus

Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps

Publishing. Moleong, L. (2012).

Metodologi Penelitian Kualitatif.

Bandung: Remaja Rosda Mulyana, D.

(2010). Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda.

Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT :

Teknik Membedah Kasus

Bisnis.Jakarta:Gramedia Pustaka

Utama.

Rivai, A., & Prawironegoro, D. (2015).

Manajemen Strategis. Jakarta:

Mitra Wacana Media.

Sedamaryanti. (2014). Manajemen

Strategi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Setiyaningrum, A. (2015). Prinsip -

Prinsip Pemasaran. Yogyakarta:

ANDI. Sugiyono.(2015).Metode

Penelitian Kuantitatif

Kualitatif Dan R&D.

Bandung:ALFABETA.

Sunyoto, D. (2013). Perilaku Konsumen

Cetakan Pertama. Yogyakarta:

CAPS. Sutarno. 2012. Serba –

Serbi Manajemen Bisnis.

Yogyakarta: Graha Ilmu. Tjiptono,

F. (2008). Strategi

Pemasaran.Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Strategik.

Yogyakarta: ANDI. Warren,Reeve,

E. (2012). Pengantar

Akuntansi.Jakarta: Salemba Empat.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur