Eksplorasi Faktor-Faktor Pemilihan Grab sebagai Platform Layanan Transportasi Online Berdasarkan Value-Based Adoption Model

Astika Ulfah Izzati, Welan Mauli Angguna, Frianka Anindea, Mutiara Angeline, Maratus Soleha, Dede Salsabilah

Abstract


Media sosial dapat dijadikan salah satu bagian strategi pemasaran bagi organisasi ataupun perusahaankarena media sosial dapat mempengaruhi keputusan pembelian, disamping itu nilai yang diberikan brandatau penjual juga dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitin ini menelaah faktor-faktor yangmelatarbelakangi konsumen dalam penggunakan Grab sebagi platform transportasi online denganberdasarkan kegiatan social media marketing pada akun Instagram @grabid dan value-based adoptionmodel dimana variabel penelitian terdiri dari konten entertainment pada media sosial Instagram @grabid,interaksi yang terjadi pada media sosial Instagram @grabid, kualitas layanan yang diberikan platformGrab Indonesia, harga yang ada pada platform Grab Indonesia, dan reputasi Grab Indonesia sebagaiplatform penyedia layanan transportasi online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif noneksperimental yang menggunakan data primer, dan dilakukan metode survei dengan teknik purposivesampling menggunakan kuesioner dan skala penilaian likert pada 146 responden yang pernahmenggunakan platform Grab sebagai platform transportasi online. Setalah dilakukan pengujiandidapatkan bahwa konten entertainment pada media sosial Instagram @grabid merupakan merupakan  faktor   utama   yang memiliki kontribusi terbesar   dalam   membentuk faktor-faktor yang melatarbelakangi niatan konsumen   menggunakan platform Grab sebagai platform layanan transportasi online.Kata kunci: social media marketing; value-based adoption model; Grab Indonesia 

References


Ajina, A. S. (2019). he perceived value of social media marketing: an empirical study of online

word-of-mouth in Saudi Arabian context. Entrepreneurship and Sustainability Is- sues.

APJII. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. APJII.

Bappenas. (2022). Rencana Induk Pengembangan Industri Digital Indonesia 2023-2045. Jakarta:

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan

Nasional.

Chen, S.-C., & Lin, C.-P. (2019). Understanding the effect of social media marketing activities:

The mediation of social identification, perceived value, and satisfaction. Technological

Forecasting and Social Change Volume 140, 22-32.

Chi, T., & Kilduff, P. P. (2011). Understanding consumer perceived value of casual sportswear:

An empirical study. Journal of Retailing and Consumer Services.

Indriyani, R., & Suri, A. (2020). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN

PEMBELIAN MELALUI MOTIVASI KONSUMEN PADA PRODUK FAST

FASHION. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 14, No. 1, 25-34.

Jashari, F. (2017). The impact of social media on consumer behavior – Case study Kosovo.

ournal of Knowledge Management, Economics and Information Technology.

Kaplan, N. (2019, September 5). Big Data, Consumer Behavior And The Consumer Packaged

Goods

Blindspot.

Retrieved

from

Forbes:

https://www.forbes.com/sites/forbestechcouncil/2019/09/05/big-data-consumer-behaviorand-the-consumer-packaged-goods-blindspot/?sh=1201a5306ce5

Kemp,

S. (2023, February 9). DIGITAL 2023: INDONESIA. Retrieved from Data Reportal:

https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia

Kim, A. J., & Ko, E. (2012). Do social media marketing activities enhance customer equity? An

empirical study of luxury fashion brand. Journal of Business Research Volume 65, Issue

, 1480-1486.

Kim, H.-W., Chan, H. C., & Gupta, S. (2007). Value-based Adoption of Mobile Internet: An

empirical investigation. Decision Support Systems Volume 43, Issue 1, 111-126.

Tempo.co. (2022). Tempo Survei Aplikasi Digital 2022. Jakarta: Tempo.co.

Vidyanata, D. (2022). Understanding the Effect of Social Media Marketing on Purchase

Intention : A Value-Based Adoption Model. Jurnal Dinamika Manajemen, 13 (2), 305321.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur