PENGARUH KUALITAS PELAYANAN CUSTOMER SERVICE UNICOM CARE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN HUAWEI DI SURABAYA (Studi kasus pada UNICOM CARE Plaza Marina Surabaya)
Lia Nirawati, Sumainah Fauziah
Abstract
Citra perusahaan merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga dan dikembangkan.Selain menjual produk, sebuah perusahaan juga harus menjaga nama baik perusahaan denganmemenuhi beberapa aspek, seperti mengadakan kegiatan yang dapat menguntungkanlingkungan sekitar dan perusahaan. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh perusahaanseperti mendirikan customer service, mengadakan CSR, serta memberikan beasiswa terhadapkaryawan yang mempunyai prestasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah adapengaruh kualitas pelayanan customer service Unicom Care terhadap tingkat kepuasanpelanggan Huawei di Plaza Marina Surabaya. Jenis penelitian lapangan ini menggunakanmetode eksplanatif kuantitatif, peneliti mengumpulkan data dengan melakukan observasi,studi pustaka, dokumentasi dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakanpurposive sampling, semua data dianalisis dengan persentase, analisis regresi linier berganda.Jumlah sampel penelitian ini yaitu sebanyak seratus dua puluh tujuh (127) responden.Berdasarkan analisis regresi berganda hasil hipotesis pertama, masing masing variabeltangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty dari kelima variabel tersebutsecara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan.Kualitas pelayanan Unicom Care secara parsial variabel tangible, variabel reliability danvariabel emphaty, memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan,sedangkan variabel responsiveness dan variabel assurance tidak berpengaruh terhadap tingkatkepuasan pelanggan Huawei di Plaza Marina Surabaya. Variabel yang berpengaruh palingdominan adalah variabel tangible.
References
Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap
Loyalitas Pelanggan. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(1), 1.
https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i1.1463
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Kasmir. 2014. Manajemen Perbankaan. Cetakan ke-12. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat, dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta;
Salemba Empat
Naslia, A. (2019). Analisis Tingkat Kualitas Pelayanan Customer Service terhadap Kepuasan
Nasabah.(Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh,2019). Diakses dari :
https://repository.arraniry.ac.id
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.
Shinta, A. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang, Universitas Brawijaya Press (UB Press).
Subagja, H. (2019). International Journal of Demos. Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service
Terhadap Kepuasan , 148 - 158.
Sudaryono. 2014. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran.Jakarta: Lentera Ilmu
Cendekia.
Sunyoto. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. CAPS (Center For Academic Publishing
Service).
Tjiptono Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Full Text:
PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.