STRATEGI BISNIS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENGEMBANGKAN USAHANYA (Studi Kasus pada CV PLAN>net Desain di Surabaya)

Lia Nirawati, Aufa Izzuddin Baihaqi

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang didasarkan pada strategi bisnis yangdilakukan oleh CV PLAN>net Desain dan merupakan strategi awal dalam mengembangkanusahanya sehingga dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. CV PLAN>net Desainmerupakan salah satu Usaha Menengah di bidang jasa advertising khususnya memvisualkanmarketing support. Usaha ini dapat bertahan karena memiliki strategi bisnis yangmengutamakan pada kecepatan, keefektivitasan dan kualitas. Berdasarkan hasil danpembahasan penelitian yang diperoleh, maka dapat diketahui strategi bisnis yang dilakukanoleh CV PLAN>net Desain dalam mengembangkan usahanya yang meliputi Analisis SWOTdan strategi bisnis di bidang Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pemasaran danProduksi.

References


Alma, Buchari. 2004. Kewirausahaan Edisi Revisi. Bandung : Alfabeta

Chandra, Gregorius. 2002. Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset

Keown, J. Arthur, et. al. 2000. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku Dua Edisi Pertama.

Jakarta : Salemba Empat

Kotler, Philip dan Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid I dan II. Jakarta :

Indeks

Kusuma, Hendra. 2004. Manajemen Produksi: Perencanaan dan Pengendalian Produksi.

Yogyakarta : Andi

Louis, E. Boone dan Kurtz L. David. 2002. Pengantar Bisnis Jilid Satu. Jakarta : Erlangga

Ma’ruf, Hendri. 2005. Pemasaran Ritel. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Moeljadi. 2006. Manajemen Keuangan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Edisi Pertama

Cetakan Pertama. Malang : Bayumedia

Moleong, J. Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja

Rosdakarya

Rangkuti, Freddy. 2004. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cetakan ke-11.

Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Subanar, Harimurti. 2001. Manajemen Usaha Kecil Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Suhardjono. 2003. Manajemen Perkreditan: Usaha Kecil dan Menengah. Makasar : UPP

AMP YKPN

Suryana. 2001. Kewirausahaan. Jakarta : Salemba Empat

Swastha, Basu dan Irawan. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Cetakan Kedelapan.

Jakarta : Liberty

Tambunan, Tulus. 2009. UMKM di Indonesia. Ghalia Indonesia

Umar, Husein. 2005. Strategic Management in Action. PT Gramedia Pustaka Utama Hendrausahakecil.blogspot.com, Enda Oniel, 2012. Ciri-ciri Usaha Mikro Kecil dan

Menengah. Diakses 15 Januari 2014

Id.wikipedia.org, 2014. Usaha Kecil dan Menengah. Diakses 15 Januari 2014

Pustaka.unpad.ac.id, Maman Setiawan, 2007. Makalah Simposium Kebudayaan IndonesiaMalaysia

Ke-x. Diakses 10 Januari 2014

Windasirumapea.wordpress.com, 2012. Manajemen dan Organisasi Bisnis. Diakses 22

Februari 2014


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur