PENGARUH PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PENGHUNI ASRAMA PUTRI BELA NEGARA UPN “VETERAN” JAWA TIMUR

Ety Dwi Susanti

Abstract


Pertumbuhan sektor jasa berlangsung pesat semakin hari semakin banyakbermunculan jenis – jenis jasa baru dan inovatif. Disadari atau tidak setiap bisnis padahakikatnya adalah bisnis jasa atau layanan. Asrama Putri Bela Negara merupakan salahsatu unit bisnis dari UPN “Veteran” Jawa Timur yang menyediakan beberapa jenispelayanan jasa dan fasilitas. Dalam sektor jasa seperti asrama putri ini, pelayanan danfasilitas merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan agar dapat memberikankepuasan pada pelanggan. Sesuai dengan uraian tersebut, tujuan dari penelitian iniadalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelayanan dan fasilitas secarasimultan dan parsial terhadap kepuasan pelanggan.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang menghuni di Asrama PutriUPN “Veteran” Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalahPurposive Sampling sebanyak 75 responden. Analisis data menggunakan AnalisisRegresi Linier Berganda, dimana variabel bebas yang digunakan Pelayanan ( X1 ) danFasilitas (X2), sedangkan variabel terikatnya adalah Kepuasan Pelanggan (Y).Hasil uji F terbukti bahwa pelayanan dan fasilitas secara simultan berpengaruhnyata terhadap kepuasan pelanggan, terbukti nilai Fhitung yang dihasilkan (43,175) >Ftabel (3,12). Kemudian hasil uji t menunjukkan bahwa pelayanan secara parsialberpengaruh nyata terhadap kepuasan pelanggan, terbukti nilai thitung yang dihasilkan(5,691) > ttabel (1,999346) dan fasilitas secara parsial berpengaruh nyata terhadapkepuasan pelanggan, terbukti thitung yang dihasilkan (2,680) > ttabel (1,999346).Kata Kunci : Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Pelanggan

References


Abdullah, Thamrin. dan Tantri, Francis, 2012, Manajemen Pemasaran, Jakarta : PT

Rajagrafindo Persada.

Alma, Buchari, 2005, Manajemen Pemasaran Jasa, Bandung : ALFABETA.

Assauri, Sofjan, 2007, Manajemen Pemasaran, Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Gerson, F, Richard, Phd, 2004, Mengukur Kepuasan Pelanggan, Penerbit PPM, Jakarta.

Ghozali,

Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS,

Semarang :BadanPenerbitUniversitasDiponegoro.

Hurriyati, Ratih, 2005, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung : ALFABETA.

Kotler, Philip, 2004, Manajemen Pemasaran di Indonesia, Jakarta : Salemba Empat.

Kotler, Philip, 2005, Marketing Manajement, New Jersey : Prentice Hall.

Richard, F. Gerson, 2004, Mengukur Kepusan Pelanggan, Penerbit : PPM, Jakarta.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung : ALFABETA.

Shinta, Agustina, 2011, Manajemen Pemasaran, Malang : Universitas Brawijaya Press (UB

Press).

Simamora, Bilson, 2004, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta : PT Gramedia Pustaka

Utama.

Sulaiman, Wahid. 2004. Analisis-analisis Regresi Menggunakan SPSS. Jogyakarta : ANDI

Tjiptono, Fandy, 2005, Pemasaran Jasa, Edisi 5, Malang : Banyu Media Publishing.

Tjiptono,Ph.D., Fandy, 2014, Pemasaran Jasa, Yogyakarta : ANDI.

Tjiptono, Fandy, C., Gregorius, dan A., Dadi, 2008, Pemasaran Strategik, Yogyakarta :

ANDI.

Umar, Husein, 2003, Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Laksana, Fajar, 2008, Manajemen Pemasaran, Yogyakarta : GRAHA ILMU.

Lovelock, Christopher H., dan Wright, Lauren K., 2005, Manajemen Pemasaran Jasa,

Jakarta : PT INDEKS Kelompok Indonesia.

Lupiyoadi, Rambat., dan Hamdani, A., 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta

:

Salemba Empat.

http://www.konsultanstatistik.com/2009/03/uji-asumsi-klasik.html?m=1


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur