Pemanfaatan Media Sosial dalam Memperkenalkan Produk Batik Ecoprint Komunitas Harapan di Semarang

Ety Dwi Susanti

Abstract


Saat ini orang menjadi bagian dalam perkembangan pasar online , dengan memanfaatkan pemasarandigital , memenuhi kebutuhan hidupnya , dan itu ditangkap para pelaku usaha online. Pandemi telahmereda , pasar yang sudah dibangun harus tetap dirawat , dijaga , jika usaha kecil / rumahan duluhanya melayani pasar yang terbatas , yaitu orang yang di sekitarnya , maka dengan adanya peluangpasar digital ini , menjadikan para pelaku online harus memiliki trik dan strategi yang tepat. Salahsatunya adalah dengan memanfaatkan sosial media , media sosial telah menjadi platform yang pentingdalam strategi pemasaran digital di Indonesia. Dengan penetrasi internet yang tinggi dan penggunaanmedia sosial yang meluas , pemanfaatan media sosial sebagai tempat pemasaran digital telah menjadikebutuhan mendesak bagi pelaku usaha untuk mencapai target pasar. Indonesia memiliki penggunamedia sosial yang sangat besar. Menurut data terbaru, lebih dari 180 juta penduduk Indonesia aktifmenggunakan media sosial, menjadikannya salah satu pngsa pasar terbesar di dunia. Platform mediasosial menyediakan alat yang kuat untuk menargetkan pasar yang relevan berdasarkan demografi ,minat dan perilaku pengguna, ini memungkinkan pelaku usaha untuk melakukan perkenalan produksebagai bentuk kegiatan promosi Pemanfaatan media sosial sebagai tempat pemasaran digital ini ,juga akan membantu upaya Komunitas Harapan dalam memperkenalkan salah satu produk hasilpraktek pelatihan EcoPrint untuk ibu-ibu yang merupakan binaannya. Dengan pendekatan yang tepat ,maka upaya promosi melalui media sosial ini dapat membangun kesadaran produk yang kuat,meningkatkan interaksi dengan konsumen dan bisa menjadi peluang untuk meningkatkan penjualan.Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu ibu-ibu yang terkabungdalam Komunitas Harapan untuk memperkenalkan hasil kerajinan Ecoprint nya untuk bisa dikenalmasyarakat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu : survey lokasi kegiatan KomunitasHarapan, memberikan edukasi pemanfaatan dan keuntungan menggunakan media sosial dalampemasaran produk, pembuatan media sosial, dan tahap monitoring. Hasil dari kegiatan inimenunjukkan bahwa paltform media sosial berperan penting dalam memperkenalkan hasil kerajinanEcoPrint nya. Optimalisasi pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran produk dapat menjadisarana memperkenalkan hasil kerajinan dan menjangkau konsumen dengan skala yang lebih luas.Kata kunci: Strategi Pemasaran; Media Sosial; Pelaku Usaha Kerajinan

References


Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah

Syifana, A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran

Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi,

(1),

Alfian, J., & Soelaiman, L. (N.D.). Pengaruh Teknologi, Organisasi, Dan Lingkungan

Eksternal Terhadap Kinerja Bisnis Umkm Di Jakarta Melalui Adopsi Media Sosial

Sebagai Variabel Mediasi. I(4), 890–899.

Kaplan & Haenlein, (2010) Association of Education and Communication Technology

(AECT).

Khairani, Z., Soviyant, E., & Aznuriyandi, A. (2018). Efektivitas Promosi Melalui Instagram

Pada Umkm Sektor Makanan Dan Minuman Di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita, 3(2),

Kotler & Amstrong (2016) Peran Media Sosial Dalam Pemasaran UKM. 01(01), 21–43.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur