PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN ULP BOJONEGORO KOTA TERHADAP PELAYANAN TAMBAH DAYA DAN MIGRASI MELALUI PLN MOBILE

Badi Atus Sa’adah, Acep Samsudin

Abstract


Customer decisions are one of the main priorities of a company, because a company can be said tohave succeeded in developing if it has been able to provide service satisfaction to its customers. Tocontinue to increase customer service satisfaction, PT PLN (Persero) presents an application that willhelp in its service, namely PLN Mobile. This PLN Mobile application is an official applicationlaunched and provided by PLN (State Electricity Company) to provide services to customers inaccessing information regarding Electricity Bills, Electricity Usage, Complaints, Self-Record MeterNumbers (SWACAM), Electricity Usage Monitor, Power Addition Services , and Switching from Pacsaelectricity to Prepaid (Migration) and vice versa from Prepaid and Postpaid. With the launch of PLNMobile, it is hoped that it will be more helpful and increase customer service satisfaction.Keywords: Increased Customer Satisfaction; PLN Mobile; Customer service

References


Layanan Pelanggan Definisi dan Bagaimana cara meningkatkannya. (2023, April 26). Retrieved

from mtarget.co: https://mtarget.co/blog/layanan-pelanggan/amp/

PLN luncurkan Layanan satu pintu Melalui PLN Mobile. (2023, Agustus 2). Retrieved from

kominfo.jatimprov.go.id: https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/pln-luncurkan-layanansatu-pintu-melalui-pln-mobile

Adiministrator. (2021, April 14). Fasilitas Jaringan Listrik PLN,merupakan Aset Bersama dan

harus dijaga. Retrieved November 2023, from setda.kutaibaratkab.go.id:

https://setda.kutaibaratkab.go.id/baca-berita-1100-fasilitas-jaringan-listrik-plnmerupakan-aset-bersama-dan-harus-dijaga.html

CHRISTIAN, D. (2022, maret 12). Mau Tambah Daya Listrik? Lebih Mudah Lewat PLN Mobile.

Retrieved from PT PLN (PERSERO) Listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik:

https://web.pln.co.id/cms/media/siaran-pers/2022/03/mau-tambah-daya-listrik-lebihmudah-lewat-pln-mobile/

Hidayatun, S. (2023, Februari). Cara Mudah Migrasi PLN Pascabayar ke Prabayar, Ini LangkahLangkahnya. Retrieved from https://www.msn.com/id-id/berita/other/cara-mudahmigrasi-pln-pascabayar-ke-prabayar-ini-langkah-langkahnya/ar-AA15PP0N

HUMAS, T. (2022, Desember 4). Pelayanan Konsumen dan Kepuasan Pelanggan. Retrieved

from an-nur.ac.id: https://an-nur.ac.id/pelayanan-konsumen-dan-kepuasan-pelanggan/

Igntius Ramot Hutagalung, C. j. (2018). IPTEKS PROSES BISNIS KEUANGAN PADA PT.PLN

(PERSERO) UNIT INDUK WILAYAH SULUTTENGGO. Ipteks Akuntansi bagi

Masyarakat, 350-354.

Nancy, Y. (2023, Agustus 4). Jenis-jenis Layanan Pelanggan dan contohnya dalam bisnis.

Retrieved from tirto.id: https://tirto.id/jenis-jenis-layanan-pelanggan-dan-contohnyagNES

Novia. (2023, Mei 22). Mengenal 9 fitur Layanan Listrik di Aplikai PLN Mobile. Retrieved from

kabarbumn.com: https://www.kabarbumn.com/trending/amp/11682757/mengenal-9-fiturlayanan-listrik-di-aplikasi-pln-mobile

Nurfajrina, A. (2023, September 3). Layanan Pengaduan PLN 24 Jam dan cara Melaporkan

Gangguan Listrik. Retrieved from detikfinance: https://finance.detik.com/energi/d-

/layanan-pengaduan-pln-24-jam-dan-cara-melaporkan-gangguan-listrik/amp

Pranawa, P. D. (2023). Sosialisasi Aplikasi PLN Mobile sebagai upaya peningkatan pelayanan

terhadap masyarakat desa Sumita. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2774-9940.

Sihombing, H. (2019, juni 24). Mengenal Sejarah PLN sebagai perusahaan BUMN. Retrieved

November 2023, from lifepal.co.id: https://lifepal.co.id/media/pln/

Wellium. (2023, September 15). Strategi Pelayanan : Cara Hadirkan Kepuasan pelanggan

tanpa batas. Retrieved from MitraComm Eksarana: https://mitracomm.com/strategipelayanan/


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur