Usaha Kuliner sebagai Penggerak Ekonomi Keluarga

Siti Ning Farida

Abstract


UKM memiliki peranan sangat penting dalam perekonomian keluarga, karena sektor UKM adalahpenyumbang terbesar bagi pemasukan keuangan keluarga, paling banyak memberi masukanpendapatan keluarga, serta relative tahan terhadap krisis keuangan .Pada masa krisis ekonomi saatPandemi covid 19 tahun 2020 - 2022, banyak perusahaan-perusahaan besar tumbang, namun sectorUKM banyak yang tetap bertahan.Aktivitas roda ekonomi keluarga justru menjadi penyelamat kondisisaat itu. Salah satu jenis UKM yang tidak akan hilang sampai kapanpun adalah usaha kuliner. Selamapandemi, kuliner tergolong sektor yang berdampak moderat bagi para pelaku kuliner yang memilikigerai makanan karena pembatasan mobilitas dan upaya mengurangi kerumunan membuat restoranrestoran harus ditutup sementara. Pemasaran merupakan ujung tombak dalam sebuah bisnis, karenaaktivitas pemasaran merupakan penentu penjualan. Untuk memasarkan sebuah produk diperlukan carayang baik dan kreatif. antara lain : Penjualan Langsung, Media yang Diperoleh, Tempat Pembelian,Pemasaran Internet.Kata kunci: UKM; Kuliner; Pemasaran

References


Airlangga, Hartanto, (2021).

Arifin, Mursidin. (2020). Pendidikan Kewirausahaan, Bumi Aksara, Jakarta 2020

Dampak COVID-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor UMKM. Kajian Singkat Terhdap

Isu Aktual Dan Strategis Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik. Pusat Penelitian

Bidang Keahlian DPR RI .

Dampak COVID-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Brand Universitas Hasanudin,

Vol. 2, No. 1. Ariani, Utomo, & Nur, M. (2017). Kajian Strategi Pengembangan Usaha

Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tarakan. Jurnal Organisasi dan

Manajemen Volume 13. Nomor 2 , 99-118. Bahtiar, A. R., & Saragih, J. P. (2020).

Pembiayaan UMKM, PT. RajaGrafindo Persada, Depok. Amri, A. (2020).


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur