ANALISIS RANTAI NILAI PRODUK BUNGA POTONG & HIAS DI KABUPATEN BANDUNG BARAT (STUDI KASUS UMKM FLORIST NMM)

Yayan Mulyana, Abdul Rosid, Rasyid Nadhif Aryo Faisal, Firda Nabila

Abstract


Parongpong adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, Indonesia,terkenal dengan wisata bunga. NMM Florist merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidangpertanian dan perdagangan bunga. Berdasarkan hasil penelitian terdapat permasalahan dalammenerapkan pola manajemen rantai nilai dalam memasarkan produk bunga potong & hias baikaktivitas utama dan pendukung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikanstruktur dan aktivitas aliran rantai nilai bunga potong dan hias. Metode penelitian yang digunakanadalah metode kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara, kuesioner, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan tekniktriangulasi menggunakan model Miles and Huberman serta menggunakan analisis Value Chain dariPorter yang terdiri dari Dua Aktivitas, baik aktivitas Primer dan Sekunder. Berdasarkan hasilpenelitian dari indicator rantai nilai yang terdiri dari aktivitas primer/logistic ke dalam yang sudahdilaksanakan meliputi : material handling/penanganan material/bahan baku, inventorycontrol/pengendalian persediaan, penjadwalan kendaraan, pemasok, kemasan, perakitan, pengujian,percetakan, serta fasilitas, kegiatan yang belum dilaksanakan adalah pergudangan, mesin &pemeliharaan peralatan, serta iklan sedangkan logistic keluar yang sudah dilaksanakan meliputipergudangan barang, material handling, kendaraan operasional pengiriman, prosespemesanan.salesforce (tenaga penjualan), pilihan channel/saluran, hubungan denganchannel/saluran, harga, instalasi, perbaikan, pelatihan, pasokan suku cadang serta penyesuaian produk, kegiatan yang belum dilaksanakan adalah Iklan, dan promosi. Aktivitas pendukung/sekunderyang sudah dilaksanakan meliputi pembeliaan input produksi, perekrutan, penyewaan (pegawai),pelatihan, kompensasi, serta hokum, kegiatan yang belum dilaksanakan adalah pengembanganteknologi, manajemen umum, perencanaan, keuangan dan akuntansi, , urusan pemerintahan, sertamanajemen mutu.Kata Kunci : Analisis; Rantai Nilai, Bunga Potong

References


Adriyansya L, Hendra U, Abdul R. (2021).

Analisis Rantai Nilai (Value Chain)

Pada Komoditas Jagung. Volume 1,

No.2, November2021 ISSN 2798-

X (online)

DOI .37905/jirev.1.2.94-103

JAMBURA Industrial Review.

Armenia R, Pandi P, Gema WM. (2017).

Analisis Efisiensi Pemasaran Bunga

Mawar Potong Di Desa Kertawangi

Kecamatan Cisarua Kabupaten

Bandung Barat. Jurnal AGROSAINS

dan TEKNOLOGI. 2(1). 13-21.

Detha Alfrian Fajri dan Aulia Luqman

Azis. 2021. Manajemen Strategis.

Universitas Brawijaya Press UB

Press. Malang.

Fauzi, Teddy H. 2020. Manajemen

Strategi Bisnis: Teori dan

Implementasi. Jakarta: Yayasan

Kharisma Venti Rahmawati

Firlawanti Lestari Baguna. Fatmawati

Kaddas. (2021). ANALISIS

RANTAI NILAI DAN

KONTRIBUSI PENDAPATAN

TERHADAP PEMANFAATAN

HHBK KAYU MANIS DI PULAU

TIDORE. Vol.1 No.9 Februari 2021,

-1794, ISSN 2722-9475 (Cetak)

ISSN 2722-9467 (Online). Fakultas

Pertanian, Universitas Khairun. JIPJurnal

Inovasi Penelitian.

Ivonne Ayesha. (2016). Analisis Rantai

Pasok Komoditas Florikultura

sebagai Upaya Peningkatan

Ekonomi Masyarakat Di

Kabupaten Bandung Barat. Mimbar

Agribisnis Jurnal Pemikiran

Masyarakat Ilmiah Berwawasan

Agribisnis. 1(2). 133-138.

Juju. Undang. 2023. Manajemen Strategi.

Cipta Media Nusantara. Surabaya

K.Ayu Novita, I Ketut S, Dewa AAY.

(2016). Rantai Nilai Bunga Potong

Heliconia Caribaea Desa Kerta,

Kecamatan Payangan, Kabupaten

Gianyar, Provinsi Bali. Jurnal

REKAYASA DAN MANAJEMEN

AGROINDUSTRI. 4(1). 11-20

Lawrence R.Jauch dan William F. Glueck.

Manajemen Strategis dan

Kebijakan Perusahaan Edisi ketiga.

Erlangga. Jakarta

Mubyarto. 1995. Pengantar Ekonomi

Pertanian. LP3S, Jakarta.

Nia AD, Diyah P, Ari SN. (2021). Analisis

Rantai Nilai Sebagai Upaya Untuk

Meningkatkan Keunggulan

Kompetitif (Studi Kasus Pada UD

Ijen Batik Bondowoso). Jurnal

Asersi : Jurnal Akuntansi Terapan

dan Bisnis. 1(1). 12-24

Pangemanan, L., G. Kapantow, dan M.

Watung. 2011. Analisis Pendapatan

Usaha tani Bunga Potong. ASE, 7

(2) : 5 – 14.

Rangga W, Muhammad F, Rina O. (2018).

Daya Saing PT Pesona Daun Mas

Asri Berdasarkan Aktivitas Rantai

Nilai. Jurnal Aplikasi Manajemen

dan Bisnis Vol.4.No.1, Januari 2018.

Ratih MK, Anas MF, Achmad C. 2012.

Daya Saing PT Benar Flora Utama

Berdasarkan Aktivitas Rantai Nilai

Florikultura. Jurnal Manajemen &

Agribisnis 9(3): 146-153.

Saladin. Djaslim. 2004. Manajemen

Strategi dan Kebijakan Perusahaan.

Linda Karya. Bandung.

Suryana Yoga Perdana. 2020. Bisnis

Digital. Cara Mudah Bisnis di Era

Industri 4.0. Salemba Empat. Jakarta.

Sugiyono. 2016. Cara Mudah Menyusun

Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Alfabeta. Bandung.

Umar. Husen. Strategic Management in

Action. Konsep, Teori, dan Teknik

Menganalisis Manajemen Strategis

Strategic Business Unit Berdasarkan

Konsep Michael R. Porter, Fred R.

David, dan Wheelen-Hunger. 2001.

Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

KOMPAS.com http:..buku.kompas.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur