Pengembangan UMKM melalui aplikasi E-Peken di Daerah Surabaya

Daka Radhiyan Yahya, Nurul Azizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran aplikasi E-Peken dalam pengembangan UsahaMikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Surabaya. Aplikasi E-Peken merupakan platform digital yangdiluncurkan oleh Pemerintah Kota Surabaya untuk membantu UMKM memasarkan produk mereka secaraonline dan menjangkau pasar yang lebih luas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif,dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan tinjauan literatur. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa E-Peken memberikan kontribusi signifikan dalam memperluas akses pasar UMKM,meningkatkan efisiensi operasional, dan mendorong transformasi digital UMKM di Surabaya. Meskipundemikian, terdapat tantangan yang dihadapi, seperti keterbatasan literasi digital dan infrastruktur.Dukungan berkelanjutan dari pemerintah dan pelatihan yang intensif diperlukan agar UMKM dapatmemanfaatkan potensi penuh dari aplikasi ini. Rekomendasi strategis diberikan untuk pengembangan lebihlanjut, termasuk peningkatan literasi digital dan optimasi fitur aplikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwaaplikasi E-Peken memiliki potensi besar dalam memberdayakan UMKM di era digital.Kata kunci: UMKM; E-Peken;digitalisasi; transformasi digital

References


Mohammad Nauval Dwi Prabowo, & Gading

Gamaputra, (2023) Strategi

Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil

Menengah Melalui Aplikasi E-Peken

pada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan

Menengah dan Perdagangan Kota

Surabaya. Jurnal Inovasi Administrasi

Negara Terapan (inovant), 1(1), 137-

https://journal.unesa.ac.id/index.php/in

novant/article/view/25873

Andayani, I., Roesminingsih, M. V., &

Yulianingsih, W. (2021). Strategi

PemberdayaanMasyarakat Pelaku

UMKM Di Masa Pandemi Covid-19.

Jurnal PendidikanNonformal,16(1), 12.

Rapitasari, D., & Soehardi, S. (2021).

Strategi Pemberdayaan Umkm Jatim

DalamMenghadapi Masa Pandemi.

Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2),

Akbhari, I., & Prathama, A. (2023). Inovasi

Aplikasi E-Peken: Optimalisasi Potensi

UMKM kota Surabaya. NeoRespublica

Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(2),396-

Rahdiana, N., Meliana, D., (2022). Strategi

Pemberdayaan Masyarakat Usaha

Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada

masa pandemi covid-19 di Desa

Mekarjaya Kabupaten Karawang.

Jurnal Buana Pengabdian, 4(1), 10-21.

Rizal, H. A., Rifai, M., & Gumilar, G. (2022).

Strategi dinas koperasi dan usaha kecil

menengah dalam pemberdayaan

UMKM. Kinerja, 18(4), 547-553.

Syakirotul Hayati, Intan Wiani, Daniar Bihas

Nana, Rusdi Hidayat, & Maharani

Ikaningtyas. (2024). Perencanaan dan

Pengembangan Bisnis UMKM Menuju

Era Digital Melalui Platform E-Peken

di Kota Surabaya. MERDEKA : Jurnal

Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 1-11

Fernanda F.F., Wardaya W., Primadhana

W.P. (2024). Evaluasi Dampak

Platform E-Peken Dalam

Meningkatkan Pendapatan Pelaku

Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah di

Kota Surabaya. Journal Of Economic,

Business, and Accounting, 7(4) 10634-

Roosa. Lampaui Nasional, Pertumbuhan

Ekonomi Kota Surabaya Naik 4,29%

https://www.suarasurabaya.net/ekono

mibisnis/2022/lampaui-nasionalpertumbuhan-ekonomi-kota-surabayanaik-429-persen/

Website Resmi E-Peken Surabaya

https://peken.surabaya.go.id/


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur