IMPLIKASI PINJAMAN TERHADAP KEUANGAN START-UP: STRATEGI EFEKTIF PENGELOLAAN RISIKO DAN BIAYA
Abstract
Start-up sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi inovatif dan global di era digital yang berkembang pesat. Namun, mendapatkan modal yang cukup untuk meluncurkan dan memperluas bisnis mereka adalah salah satu hambatan utama yang dihadapi para pengusaha muda. Ekspansi dan investasi yang dibutuhkan sering didukung oleh pinjaman dan bentuk penggalangan dana lainnya, seperti crowdfunding. Crowdfunding, melalui platform internet, menciptakan komunitas pelanggan yang berdedikasi serta mempercepat dan menurunkan proses pendanaan. Ekonomi dan penciptaan hal baru telah terbukti sangat menguntungkan dari crowdfunding. Meski pinjaman penting bagi start-up, hal tersebut dapat menyebabkan masalah pada struktur modal dan arus kas yang membutuhkan teknik pengendalian risiko. Stabilitas keuangan jangka panjang dan keberhasilan start-up sangat tergantung pada manajemen risiko dan biaya pinjaman. Strategi pengelolaan pinjaman meliputi perencanaan keuangan, diversifikasi pendanaan, negosiasi syarat, dan evaluasi berkala untuk menjaga kesehatan finansial dan operasional secara efektif. Start-up dapat meningkatkan kapasitas produksi mereka, mengurangi dampak negatif pada skor kredit, dan menggunakan pinjaman untuk investasi strategis dengan pendekatan manajemen yang tepat dan hati-hati. Penelitian bermetode pendekatan deskriptif kualitatif dari sumber yang telah ada digunakan sebagai bahan dasar dan acuan penyusunan artikel, dengan tujuan menjadikan start-up dapat mengoptimalkan pinjaman untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan dan stabil dalam jangka panjang, serta meningkatkan daya saing di pasar global.
Kata kunci: Pinjaman, Start-up, dampak, strategi
References
Andika, R., Muslihun, & Hidayat, N. (2023). PERAN MANAJEMEN KEUANGAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA. JURNAL AZ- ZAHRA : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS ISLAM. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/azzahra/article/view/1775/1276
Cahyono, G. H. (2018). Fenomena Startup Fintech dan Implikasinya. Swara
Patra, Vol. 8(No. 4).
Fadli, Z., D. F., & Rahmat. (Juli 2023). MANAJEMEN PEMASARAN DIGITAL.
(S. M. Muttaqin, Ed.) Padang: PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. Fahima, N. (2023, Juli). POTENSI CROWDFUNDING BAGI
PENGEMBANGAN BISNIS STARTUP BERBASIS FINTEK.
UMSURABAYA, 4-18.
Fathori. (2024, Juli). STRATEGI PEMBIAYAAN INOVATIF: MENINGKATKAN AKSES MODAL BAGI STARTUP DAN UKM. Jurnal Investasi Islam, Vol. 5(No. 1).
Haikaya, O. D., Nabila, N., & Afrella, G. R. (2023). Analisis Strategi Pemasaran pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk. IMKA : Implementasi manajemen
& kewirausahaan, 3(2), 40-51. doi:DOI:
https://doi.org/10.38156/imka.v3i2.159
Kasmidah. (2023, September). Dampak Inovasi Produk Keuangan Terhadap
Keuangan Inklusif dan Pertumbuhan Ekonomi.
Rachmawati, D., & Anjelina. (2021, Juni). Praktik Akuntansi Manajemen dan
Dampaknya Pada Kinerja Startup Business Digital. InFestasi, Vol. 7(No.
, Hal. 11-21.
Rauf, A., Manullang, S. O., & Endi, T. (5 Jul 2021). Digital Marketing : Konsep dan Strategi. Cirebon: Insania.
Wahyuningsih, R. D., & Ningrum, L. A. (2021). Optimalisasi Crowdfunding bagi Perkembangan Startup. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan, Vol 1(no. 6), 661-672.
Wismashanti, R. A., & Irwansyah. (2024, Februari). Komunikasi dalam Platform Online Crowdfunding: Tinjauan Literatur Sistematis. Technomedia Journal (TMJ), Vol. 8(No. 3), 50-63.
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.