PERANAN SEGMENTASI PASAR DALAM MENENTUKAN STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN BERGAS COFFEE

Ety Dwi Susanti

Abstract


Penelitian ini berjudul peranan segmentasi pasar dalam menentukan strategi bisnis untuk meningkatkan volume penjualan bergas coffee yang bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui strategi pemasaran segmentasi pasar yang diterapkan pada bergas coffee, (2) Untuk menganalisis atau mengetahui peranan segmentasi pasar dalam menentukan strategi bisnis untuk meningkatkan volume penjualan bergas coffee.

 

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang merupakan bagian dari analisis kualitatif dengan menggunakan teknik pengambilan data wawancara, observasi, dan pemanfaatan dokumen yang berkaitan dengan peran segmentasi pasar untuk menentukkan strategi bisnis untuk meningkatkan volume penjualan bergas coffee. Lokasi penelitian pada penelitian ini adalah “bergas coffee” yang berlokasi Di Jalan Kalibutuh No. 02 A, Tembok Dukuh, Kec. Bubutan, Kota Surabaya. Penentuan informan dilakukan dengan teknik sampling insidental dan sampling purposive selanjutnya, teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dimana populasinya adalah tempat usaha bergas coffee yang terdiri dari owner 1 orang, karyawan 2 orang, pengunjung pada masa pandemi ini kurang lebih tiap harinya sekitar 25 orang hal itu dikarenakan masa pandemi Covid 19 ini. Sampel terdiri dari 1 orang pemilik bergas coffee, 2 orang karyawan bergas coffee serta ± 10 orang konsumen/ pembeli di bergas coffee. karena pada saat penelitian peneliti hanya bertemu 10 orang.

 

Hasil pembahasan pada penelitian ini difokuskan pada strategi segmentasi pasar yang diterapkan, serta peranan segmentasi pasar tersebut dalam menentukan strategi bisnis untuk meningkatkan volume penjualan bergas coffee.

 


References


Armstrong dan Kotler.1999. Prinsip- Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Bailey, D. Kenneth.1982. Methods of Social Research (second edition). New York. The Free Press.

Basu Swastha dan T. Hani Handoko.2000. Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen), Yogyakarta : BPFE UGM.

Buchari, Alma.2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta Bandung.

Bungin dan Burhan.2008. Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group

Fandy Tjiptono.2011. Strategi Pemasaran, Edisi tiga,Yogyakarta: Andi Offset.

Kotler, K.2009. Manajemen Pemasaran satu .Edisi ketiga belas. Jakarta:

Erlangga

Mulyadi.2005. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen, Salemba Empat, Jakarta.

Sofyan Assauri.2011. Manajemen Pemasaran, konsep, dasar, strategi, Jakarta :

PT Raja Grafindo Persada,.

Simamora Henry.2000. Manajemen Pemasaran internasional. Jilid satu Edisi

Cetak satu, Salemba Empat Jakarta.

Susatyo Herlambang.2014. Basic marketing Dasar-dasar Pemasaran (Dasar Mudah Memahami Ilmu Pemasaran), Yogyakarta : Gosyen Publishing.

Sugiyono, 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Bandung: Alfabeta

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat:

eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.

Siregar, Ester Florida. 2017. Peranan Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan

Effendi, Mukhrizal. 2017. Jurnal Bisnis Corporate Vol. 3 No. 2 ISSN: 2579-6445

Peranan Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan Volume Penjualan PT. Sinar Baru Medan. Medan : Universitas Dharmawangsa

Hakiki, Maryana Ayu. 2019. Penerapan Efektivitas Segmentasi Pasar Terhadap

Peningkatan Volume Penjualan UD. Bintang Timur di Desa Sumber Pakem, Kecamatan Sumber Jambe, Kabupaten Jember. Jember : Institut Agama Islam Al-Qodiri

, Konsumsi Kopi Indonesia Diprediksi Mencapai 370 Ribu Ton. https://data boks.katadata.co.id/datapublish/2018/07/31/2021-konsumsi-kopi-indone sia-diprediksi-mencapai-370-ribu-ton. 18 Desember 2020

Pengertian Segmentasi Pasar, Syarat, Manfaat, Prosedur Dan Jenisnya Dalam Bisnis. https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-segmentasi-pasar/. 23 Desember 2020


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur