LITERASI DIGITAL BAGI GENERASI Z DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA DI KAMPUNG ADAT SEGUNUNG

Herlina Suksmawati

Abstract


Kampung Adat Segunung, terletak di kawasan yang asri di Wonosalam, Jombang, menawarkan pengalaman unik yang memadukan keindahan alam dengan kekayaan budaya tradisional. Dengan beragam produk dan aktivitas menarik, kampung ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi para pencinta budaya dan alam. Kampung Adat Segunung sendiri merupakan branding Desa Carangwulung yang terletak di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Pariwisata bertransformasi menjadi industri modern yang mampu menawarkan segala kebutuhan dan keinginan calon wisatawan dalam waktu yang singkat. Segala bentuk ketersediaan informasi yang berkaitan informasi penawaran destinasi yang akan dikunjungi, seperti harga paket wisata, atraksi, amenitas, aksesibilitas, hingga ancillary services yang tersedia di lokasi-lokasi atau tujuan wisata dapat diakses dengan mudah dan cepat oleh para penggunanya. Literasi Digital wisata dianggap dapat mempermudah wisatawan dalam mengakses informasi tentang suatu destinasi pariwisata dan tentunya dapat mengurangi biaya baik bagi pihak penyelenggara dan atau pengelola, maupun bagi wisatawan. Dengan dilakukannya penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital pariwisata merupakan strategi penting dalam mempromosikan wisata melalui pendekatan digital yang berdampak pada pengembangan potensi wisata di suatu desa wisata.

Kata Kunci: Literasi Digital, Generasi Z, Kampung Adat Segunung.


References


Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v 5i6.1609

Herlina, E., Setiawan, I., Prabowo, F. H. E., Usmar, D., & Fauzan, I. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Literasi Digital dalam Upaya Mempromosikan Destinasi Wisata untuk Kelompok Sadar Wisata Kabupaten Ciamis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 5(3), 1006–1012. https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i3.3409

Kemendikbud. (2022). Sekilas Pandang Revolusi Industri 4.0. Majalah Jendela Pendidikan dan Kebudayaan, 64, 6.

Laila, K., & Hendriyanto. (2021). Menyiapkan Pendidik Profesional di Era Society 5.0. http://ditpsd.kemd ikbud.go.id/artikel/detail/menyiapkan-pendidik-profesional-di-era-society-50

Mohammadyari, S., & Singh, H. (2015). Understanding the effect of e learning on individual performance: The role of digital literacy. Computers and Education, 82(1).

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v 1i2.32

Rizkinaswara, L. (2020). Revolusi Industri 4.0. Aptika. Kominfo. Go. Id. Https://Aptika. Kominfo. Go. Id/2020/01/Revolusi-Industri-4-0.

Sanjiwani, P. K., & Pujani, L. P. K. (2021). Implikasi Berita Hoax terhadap Sektor Pariwisata Berdasarkan Perspektif Hukum (1st ed., pp. 121–145). Badan Penerbit Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang.

Santo Gitakarma, M., & Tjahyanti, L. P. A. S. (2022). Peranan Internet of Things dan Kecerdasan Buatan dalam Teknologi Saat Ini. KOMTEKS, 1(1).

Sijabat, R., & Meiriyanti, R. (2022). PENDIDIKAN BERBASIS DIGITAL SEBAGAI PONDASI PENGUATAN KARAKTER ANAK BANGSA Rauly. Prosiding SNHP, 3, 637–645.

Yoeti, A. (2005). Perencanaan Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. Jakarta: Pradaya Paramita.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur